28 December 2019, 18:55 WIB

Puncak Arus Mudik Tahun Baru Diprediksi Hari Ini


Gana Buana | Megapolitan

 ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/nz
  ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/nz
Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Jakarta - Cikampek KM 28, Karawang, Jawa Barat,  

PUNCAK arus kendaraan mudik diprediksi terjadi di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek, pada Sabtu (28/12). Diprediksi, sekitar 55.511 kendaraan bakal melintas.

"Jumlahnya meningkat 65,47% dari lalu lintas harian normal," ungkap Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/12).

Heru menjelaskan, peningkatan jumlah kendaraan mulai terjadi sejak Jumat (27/12) kemarin. Tercatat ada sekitar 51.920 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama. Jumlah ini naik sebesar 54% dari lalu lintas harian normal sebanyak 33.710 kendaraan.

Adapun, guna mengurai kepadatan lalu lintas, Jasa Marga atas diskresi pihak kepolisian memberlakukan contraflow mulai dari Km 47 sampai dengan Km 61 arah Cikampek sejak pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 13.55 WIB.


Baca juga: Pemprov DKI Dirikan 20 Posko Gabungan Saat Perayaan Tahun Baru


Sistem contraflow ini diharapkan dapat bisa memecah kepadatan arus dengan menambah kapasitas satu lajur tambahan. Apalagi, kepadatan kerap terjadi di titik pertemuan Jalan Tol Japek elevated dan Jalan Tol Japek eksisting di Km 48.

"Pemberlakuan contraflow merupakan diskresi kepolisian. Untuk mendukung kelancaran contraflow, Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu," jelas Heru.

Selama arus mudik tahun baru ini Jasamarga mengimbau pengendara memastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima. Serta jaga jarak aman kendaraan dan pastikan kecukupan BBM.

"Pengendara juga harus memastikan saldo uang elektronik dan mempersiapkan diri sebelum naik ke ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek elevated," tandas dia. (OL-1)

BERITA TERKAIT