28 December 2019, 18:40 WIB

Shin Tae-Yong Langsung Ditarget Gelar di Piala AFF 2020


Yakub Pryatama | Sepak Bola

AFP/TJAHYADI ERMAWAN
 AFP/TJAHYADI ERMAWAN
Ketua PSSI Mochamad Iriawan (kiri) dan pelatih Timnas Shin Tae-Yong memegang perjanjian kontrak di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12).

PELATIH anyar Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong langsung ditargetkan untuk membawa Indonesia bersinar saat berkompetisi di Piala AFF 2020 mendatang.

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk berprestasi bersama Indonesia, karena harapannya besar untuk bisa membawa Indonesia juara," ujar Tae-Yong sesaat setelah diresmikan sebagai pelatih Timnas oleh PSSI di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12).

Sebelum mencapai target tersebut, Tae-Yong diharapkan bisa memberi raihan maksimal untuk Indonesia di tiga laga tersisa kualifikasi Piala Dunia 2022.

Tae-Yong rencananya akan mulai mengumpulkan 60 pemain dari U-22 dan senior untuk diseleksi kembali pada 13 Januari mendatang.

Ia juga akan mencari solusi terkait lemahnya fisik para pemain setelah babak kedua berlangsung. Ia ingin memecahkan masalah tersebut dengan pelatih Indra Sjafri yang mengetahui kultur dan karakter sepak bola Nusantara.

"Mental harus kuat, fisik pun harus kuat, artinya lebih fokus lagi di lapangan. Kalau fisik kuat harus bisa lebih semangat untuk menang," ucap Tae-Yong.

Eks pelatih timnas Korea Selatan itu juga akan bertugas sebagai manajer pelatih timnas Indonesia U-22, U-20, U-18, dan U-16. Menurut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Tae-Yong akan menjadi penasihat pelatih dan memantau para pemain junior.

"Ia bisa jadi konsultan mulai dari U-16, jadi dia tahu pemain mana yang punya talenta tinggi."

"Pertama dia fokus latih senior, tapi dia ingin berkesinambungan dengan kelompok usia, dia maunya dia yang pilih sendiri pemain dari kelompok usia," ujar Iwan.

Setelah teken kontrak, Tae-Yong akan kembali ke negaranya terlebih dahulu sebelum bertugas mengarsiteki Timnas Garuda. Rencananya, ia akan kembali Indonesia pada 6 Januari mendatang. (X-12)

BERITA TERKAIT