28 December 2019, 17:05 WIB

Resmi, Shin Tae-Yong akan Tangani Timnas Indonesia Selama 4 Tahun


Yakub Pryatama | Sepak Bola

ANT/Yulius Satria Wijaya
 ANT/Yulius Satria Wijaya
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) memakaikan jaket Timnas Indonesia ke Shin Tae-Yong di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12).

PENANTIAN panjang masyarakat bola Indonesia akhirnya terjawab. Pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-Yong akhirnya secara resmi menandatangani kontrak berdurasi 4 tahun menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Peresmian dan penandatanganan kontrak tersebut dilakukan di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (28/12). Pada kesempatan itu, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan memberikan plakat simbolis kepada Tae-Yong.

"Finalisasi kontrak sudah selesai. Ia dikontrak dengan durasi empat tahun," ujar Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan.

Iwan mengaku PSSI memilih Tae-Yong setelah melalui berbagai pertimbangan dengan Komite PSSI dan juga sejumlah pelatih.

"Tentunya PSSI ingin membangun Timnas yang solid dan berprestasi. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan secara instan," ucapnya.

Namun, Iwan tak ingin membeberkan klausul kontrak PSSI dengan Tae-Yong. Ia hanya menegaskan jika nilai kontrak Tae-Yong berada di bawah tawaran tim Tiongkok.

"Indonesia mampu mengontrak bersangkutan berapa pun harganya, masalah kontrak tak kami bawa ke publik," ujarnya.

"Ia melihat Indonesia menjanjikan. Kami sudah lapor juga ke Presiden, banyak dukungan juga dari pemerintah," tambahnya.

Tae-Yong berencana akan membawa empat staf pelatih dari Korea Selatan. Ia juga akan dibantu oleh dua pelatih dari Indonesia yang masih belum ditentukan.

"Semoga apa yg diinginkan timnas bisa terwujud bersama Tae-Yong. Ada pelatih kita bersama yang akan berkolaborasi dengan beliau. Karena pelatih kita lebih menguasai kultur dan karakter pemain Indonesia," ujar Iwan. (X-12)

BERITA TERKAIT