29 December 2019, 00:05 WIB

Usai Berlibur, Jangan Biarkan Kabin Mobil Kotor


Ekawan Raharja | Otomotif

shutterstock
 shutterstock
Usai Berlibur, Jangan Biarkan Kabin Mobil Kotor

USAI  berlibur dengan keluarga di saat libur natal, akan menghadirkan sejumlah pekerjaan rumah yakni salah satunya membersihkan mobil usai digunakan. Tentu pemilik mobil harus melakukan ini, khususnya di kabin mobil, agar tetap nyaman dan sehat digunakan oleh penumpang.
 
Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana, menjelaskan usai liburan biasanya ada sisa-sisa makanan atau noda minuman yang tersisa di kabin mobil. Jika dibiarkan, tentu akan membuat kabin kotor atau bahkan mengundang binatang untuk bersarang di dalam mobil.
 
“Biasanya sehabis perjalanan jauh kalau untuk kabin itu memang masalah sisa makanan atau minuman yang terjatuh di jok, apalagi bagi yang membawa anak kecil, cukup riskan. Untuk itu, pastikan setelah sampai di rumah sediakan waktu untuk membersihkan kabin mobil terutama joknya,” ujar Indah dikutip dari situs resmi Auto2000.

Membersihkan kabin, terutama jok mobil usai berlibur, sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi bila lapisannya sudah terbungkus dengan material kulit sintetis.
 
Indah menyarankan pemilik mobil cukup membeli cairan pembersih khusus jok kulit atau sintetis yang saat ini sudah banyak dipasarkan. Usahakan memilih cairan yang tidak banyak mengandung zat kimia dan sudah terpercaya.
 
Sementara untuk prosesnya, jangan langsung menggunakan cairan tersebut. Tapi diawali dengan membersihkan jok lebih dulu dari debu menggunakan vacuum cleaner atau lap penyerap air.
 
“Setelah debu dan kotoran disedot dengan vacuum atau dilap bersih, baru gunakan cairan khusus tadi. Biasanya cairan tersebut bermanfaatkan untuk membersihkan minyak bekas makanan atau noda minuman. Bahkan kebanyakan bukan hanya untuk membersihkan saja, tapi juga sekaligus untuk perawatan seperti menjaga warna dan kelenturan lapisan jok,” lanjutnya.
 
Khusus untuk material jok berbahan fabric, Indah menyarankan pemilik mobil melakukan pembersihan dengan vacuum cleaner atau sikat halus yang kering. Tidak disarankan untuk menuangkan sabun atau cairan pembersih lainnya karena dikhawatirkan justru menimbulkan masalah lain mengingat kemampuannya menyerap cairan yang kuat. (Medcom/OL-12)

BERITA TERKAIT