28 December 2019, 14:22 WIB

Polisi Bantah Patwal Bisa Disewa untuk Tembus Kemacetan di Puncak


Fachri Audhia Hafiez | Megapolitan

Antara
 Antara
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di jalan menuju Puncak di Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/12/2019). 

KAPOLRES Kabupaten Bogor, Jawa Barat, AKB Muhammad Joni membantah isu patroli dan pengawal (Patwal) di jalur Puncak bisa disewa untuk menerobos kemacetan.

"Misalnya Reserse intel untuk kita floating di setiap titik yang kita anggap rawan. Itu juga bisa diasumsikan masyarakat mobil tertentu dikawal oleh kepolisian. Padahal itu memang anggota tertutup kita yang untuk di-floating," ujar Joni di Pos Pelayanan Natal dan Tahun Baru, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12).

Joni menegaskan, pengawalan oleh kepolisian sangat dimungkinkan bagi masyarakat yang membutuhkan seperti dalam keadaan darurat. Masyarakat cukup menghubungi kepolisian setempat untuk memperoleh bantuan.

Anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala memastikan praktik sewa Patwal tidak terjadi. Selain berkoordinasi dengan Kapolres, ia juga memastikan ke Kasatlantas Polres Bogor AK M Fadli Amri.

"Mungkin sekali bahwa masyarakat menduga-duga saja padahal pada kenyataannya tidak ada. Melalui ini, kami apresiasi dan percaya tapi jangan sampai hal ini terjadi dan membuat citra Polri rusak," ucap Adrianus.

Adrianus meminta agar Polri agar tetap sigap jika ada masyarakat yang membutuhkan bantuan, terlebih di saat musim liburan. Selain melalui telepon, Polri diharapkan didukung dengan kesigapan menerima laporan masyarakat melalui aplikasi.

"Dalam hitungan saya punya 120 aplikasi yang aktif saat pejabatnya ada. Begitu pejabatnya pindah ya sudah enggak jelas tuh kualitas aplikasi tersebut. Masyarakat sudah tahu, sudah berharap sudah menggantungkan harapan eh kemudian tidak diurus oleh yang bersangkutan," ujar Adrianus. (X-15)

Baca juga: Patwal Kewenangan Pengawalan Jalan oleh Polri

Baca juga: Pengemudi Sepeda Motor Tewas Tertimpa Reklame

Baca juga: Layanan Bus Wisata, Transjakarta Fasilitasi Masyarakat di Liburan

BERITA TERKAIT