28 December 2019, 06:00 WIB

Sejuta Pohon Mitigasi Tsunami Mati


(YH/H-1) | Humaniora

(ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha)
 (ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha)
Cemara udang yang ditanam di Pantai Padang, Sumatera Barat untuk antisipasi guna mengurangi efek gelombang tsunami banyak yang mati  

BANTUAN bibit sejuta pohon antisipasi tsunami yang ditanam di sepanjang pantai Sumatra Barat banyak yang mati karena tidak terpelihara. "Pohon yang ditanam beberapa waktu lalu banyak yang rusak dan bahkan mati karena kurangnya pengawasan di lapangan. Di kawasan itu juga aktivitas pengunjung atau wisatawan tinggi serta adanya aktivitas pedagang dan nelayan," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatra Barat Erman Rahman, kemarin.

Bibit sejuta pohon tersebut merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Penanaman bibit pohon disepanjang pantai Barat Sumatra dimaksudkan untuk meminimalisasi resiko tsunami. Bibit yang ditanam ialah cemara udang, pulai, dan akar wangi. Vegetasi pantai ialah pengurangan risiko tsunami jangka panjang yang efektif mengurangi risiko gelombang tsunami.

Bibit sejuta pohon ditanam di sepanjang pantai barat Sumatra, yaitu Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Erman mengaku telah mengupayakan perawatan dengan penyiraman sekali dalam dua hari. (YH/H-1)

 

BERITA TERKAIT