27 December 2019, 20:00 WIB

35 DPD PAN Se-Jateng Nyatakan Dukungan ke Mulfachri Harahap


Ghani Nurcahyadi | Politik dan Hukum

Ist
 Ist
Calon Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap berdialog dengan Pengurus DPW dan DPD PAN se Jawa Tengah

SEBANYAK 35 Dewan Perwakilan Daerah Partai Amanat Nasional se-Jawa Tengah menyatakan dukunganya pada Mulfachri Harahap untuk menjadi Ketua Umum PAN dalam Musyawarah Nasiona tahun depan.

Dukungan itu dinyatakan oleh 35 DPD se-Jateng dan Dewan Perwakilan Wilayah Jateng di Hotel Arkenso, Semarang yang juga jadi forum silaturahmi Mulfachri bersama dengan pengurus PAN Jateng.

Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais yang juga hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan, Mulfachri atau yang akrab disapa Bang Kimung itu, adalah sosok tegas dalam tugas kedewanan sebagai ketua Fraksi PAN di DPR RI.

"Sangat tegas bersikap dalam keputusan perundang-undangan, namun tidak membuat pernyataan-pernyataan yang kontroversi dengan DPP,  Bang Kimung mampu bersinergi dan tidak berkonflik jika ada perbedaan pendapat antara Fraksi dengan DPP," kata Hanafi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/12).

Ketua DPW PAN Jateng Wahyu Kristianto mengatakan, dukungan solid PAN Jateng ke Mulfachri karena memegang komitmen regenerasi PAN harus terus dijalankan dengan ketua umum hanya 1 periode menjabat.

Mulfachri mengapresiasi dukungan tersebut. Ia menyebut, Jateng merupakan salah satu daerah pemilihan yang penting untuk PAN. Hanya saja, pada Pileg 2019, PAN gagal merebut satu kursi pun dari Jateng, berbeda dengan Pileg 2014 saat mampu merebut 8 kursi dari Jateng untuk DPR RI.

 

Baca Juga: Hakim Masih Jadi Pelanggar Disiplin Terbanyak di Ranah Yudikatif

 

"Jawa Tengah memiliki potensi yang besar dalam perolehan suara, sebab jawa Tengah memiliki sumber daya dan potensi yang besar asal dikelola dengan baik," ujarnya.

Meski demikian, PAN sebagai partai reformis berhasil mempertahankan eksistensinya dengan menempati satu jabatan ketua komisi dan 4 wakil ketua komisi di DPR periode kali ini.

"Hal ini tentu merupakan hasil loby dan komunikasi dalam peta politik yang tidak menguntungkan untuk PAN," tegasnya.

Ditanya soal gagasan membangun partai ke depan oleh para ketua-ketua DPD, Mulfachri memaparkan bahwa dalam politik yang terpenting adalah komunikasi, dengan komunikasi secara intensif baik di internal maupun eksternal partai, PAN dapat membuat konfigurasi politik.

Ia pun berjanji jika diberi kepercayaan memimpin PAN, akan membentuk kepengurusan yang kuat dan berakar dengan 8 bulan waktu pembentukan DPW setelah kongres, dilanjutkan dengan DPD di tahun kedua, dan pembentukan DPC hingga DPRt di tahun ketiga.

"Dengan mekanisme yang terukur PAN akan siap memiliki akar rumput dan dapat mempersiapkan pertarungan dalam Pileg mendatang," tegasnya.

Mulfachri dengan tegas bahkan menyebutkan tidak akan mencalonkan diri sebagai calon presiden jika nanti menduduki posisi ketua umum PAN. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT