28 December 2019, 03:10 WIB

Donna Agnesia Awasi Anak Manfaatkan Gadget


MI | Hiburan

DOK. INSTAGRAM/DAGNESIA
 DOK. INSTAGRAM/DAGNESIA
Presenter Donna Agnesia

ERA serbadigital yang didominasi jaringan internet tidak bisa dihindari lagi mendominasi kehidupan masyarakat. Meski banyak keluhan dampak negatif internet ke anak-anak, bagi presenter Donna Agnesia, 40, bukan berarti anak harus dijauhkan dari gawainya.

"Dewasa ini orangtua tidak bisa menutup mata bahwa anak selalu butuh perangkat digital, dari gawai, laptop, maupun komputer rumahan," ujarnya.

Berbekal pengalaman mengasuh tiga orang anak yang kini usianya 12, 10, dan 8 tahun, Donna merasa dirinya ialah tipikal orangtua yang sadar betul akan dampak positif dan negatif di era yang serbadigital ini.

Namun, bagi istri Darius Sinathrya itu yang tidak kalah penting dari semua itu ialah anak juga butuh kegiatan lain yang memerlukan aktivitas fisik. "Memang yang namanya sehat, bagi kami, tidak hanya pintar. Jadi, sebelum memberikan sesuatu itu, anak-anak harus biasa diberikan sebuah pemahaman. Jadi, buat saya dan Darius aktivitas fisik itu juga sangat penting, apalagi kalau selepas sekolah banyak longgarnya," tuturnya.

Donna selanjutnya menceritakan bahwa waktu luang anak-anaknya biasa diisi dengan kegiatan, seperti olahraga dan menggambar. Hal itu dilakukan rutin setiap minggu karena selain melatih sensor motorik, juga melatih kesabaran.

Kesempatan untuk mengakses gawai hanya diberikan saat akhir pekan, tapi ada pengecualian tertentu saat menyelesaikan tugas sekolah.

"Hari sekolah mereka tidak pernah pegang, cuma kadang kala memang ada tugas sekolah yang mau tidak mau harus memakai gawai. Nah, kalau seperti ini, kami beri sedikit kelonggaran kepada mereka dengan meminjamkan laptop milik orangtua," ujarnya.(Gas/H-1)

 

BERITA TERKAIT