28 December 2019, 02:55 WIB

Ridwan Kamil Terpesona Blue Flame Gunung Ijen


MI | Hiburan

MI/Bayu Anggoro
 MI/Bayu Anggoro
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

BANYUWANGI, kabupaten yang terletak di ujung Jawa Timur dan tengah bersinar karena perkembangan pariwisatanya dalam 10 tahun belakangan ini menarik minat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, 48, untuk dikunjungi pada liburan akhir tahun ini.

Mengajak keluarganya, mantan Wali Kota Bandung ini mengunjungi sejumlah destinasi, dari Taman Gandrung Terakota, Kawah Ijen yang menawan, hingga mencicipi kuliner lokal khas Banyuwangi.

"Bisa lihat blue flame rasanya terpuaskan. Alhamdulillah, senang banget

bisa lihat blue flame," ujar Kang Emil, sapaan akrabnya, pada Kamis (26/12). Dia pun menilai Kawah Ijen sebagai salah satu destinasi dengan panorama alam yang sangat indah.

Menurut Kang Emil, mendaki Gunung Ijen untuk melihat api biru juga

merupakan perjalanan yang layak dicoba keluarga Indonesia karena bisa memperkuat kebersamaan di antara anggota keluarga.

"Kan butuh waktu saat mendaki. Dalam perjalanan, ada quality time dengan keluarga. Anak-anak bisa saling curhat dengan orangtua. Ini perjalanan yang berharga buat saya," ujar Kang Emil yang membawa dua anaknya.

Terkait dengan rute, sembari berseloroh dia menyebut pendakian ke Gunung Ijen membuatnya berani melahap tangga-tangga tinggi. "Lihat tangga jadi biasa, sudah kuat," katanya sambil melihat susunan tangga yang lumayan tinggi.

Gunung Ijen sendiri memang selalu dijubeli wisatawan. Tiap tahun hampir 200.000 wisatawan mendaki menyaksikan api biru Kawah Ijen.(UA/H-1)

 

BERITA TERKAIT