27 December 2019, 16:02 WIB

Gempa Guncang Wilayah dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Iran


Melalusa Susthira K | Internasional

AFP
 AFP
Peta lokasi gempa yang terjadi di Iran, Jumat (27/12).

SEBUAH gempa kuat berkekuatan 5,1 Skala Richter mengguncang Iran. Gempa terjadi di dekat Kota kalameh yang berjarak kurang lebih 45 kilometer dari fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir negara itu. Sejauh ini, tidak ada laporan kerusakan.

Survei Geologi AS mengatakan gempa berkekuatan 5.1 terjadi di wilayah yang berjarak 44 kilometer (27 mil) dari kota barat daya Borazjan dan pada kedalaman 38 kilometer.

Pusat gempa yang dilaporkan adalah 45 kilometer timur pembangkit listrik tenaga nuklir Bushehr, di pantai Teluk barat daya.

Pusat Seismologi Iran mengatakan dalam laporan awal di situsnya bahwa kekuatan gempa itu 4,9 skala Richter dan kedalamannya 10 kilometer.

Kantor berita semi-resmi ISNA mengatakan, gempa itu mengguncang desa-desa di dekat Kota Kalameh.

"Berdasarkan penilaian oleh Bulan Sabit Merah (tim palang merah setempat), dan pihak berwenang, kami belum mendengar adanya kerusakan," kata kantor berita tersebut mengutip kepala pusat krisis provinsi, Jahangir Dehghani.

"Jalan mungkin diblokir di bagian gunung karena intensitas gempa," tambahnya.

Pembangkit Bushehr, yang menghasilkan 1.000 megawatt dibangun oleh Rusia setelah ditunda selama bertahun-tahun dan secara resmi diserahkan pada September 2013.

Pada 2016, perusahaan Rusia dan Iran mulai membangun dua reaktor tambahan 1.000 megawatt di Bushehr. Konstruksi mereka diperkirakan akan memakan waktu 10 tahun.

Tetangga Arab di Teluk Iran sering kali mengajukan kekhawatiran tentang keandalan fasilitas Bushehr yang ada dan risiko kebocoran radioaktif jika terjadi gempa bumi besar.

Pada November 2017, misalnya, gempa berkekuatan 7,3 SR mengguncang Provinsi Kermansyah dan menewaskan 620 orang. Pada 2003, gempa 6,6 SR juga menewaskan sedikitnya 31.000 orang di negara tersebut. (A-1)

BERITA TERKAIT