27 December 2019, 14:55 WIB

Mahfud: Status Ketua KPK, Polri Nonaktif


Akmal Fauzi | Politik dan Hukum

MI/Mohamad Irfan
 MI/Mohamad Irfan
Menteri Polhukam Mahfud MD

MENTERI Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, menyebut Ketua KPK Firli Bahuri berhak tetap menjadi anggota Kepolisian Indonesia. Namun, kata dia, status Firli saat ini tidak memiliki jabatan apapun di kepolisian atau nonaktif.

“Dia non-aktif dong. Dia tidak kehilangan kedudukan sebagai anggota Polri tapi non-aktif tidak ikut ke sana lagi. Kan dia punya hak sampai masa pensiun,” kata Mahfud di Istana Bogor, Jumat (27/12).

Mahfud mengatakan Firli sudah mundur dari jabatan selaku Kapolda Sumatra Selatan. Ia mengatakan, Firli nonaktif dari jabatan organiknya sesuai aturan.

Baca juga: Firli: Saya Sudah tidak Memiliki Jabatan di Kepolisian

Ihwal kritikan yang menyebut Firli memiliki atasan Kapolri lantaran masih menjadi anggota Polri, Mahfud membantah. Mahfud menegaskan, Firli tidak berada di bawah Kapolri lantaran jabatannya di KPK setingkat dengan itu.

“Seperti menteri dengan menteri kan bukan di bawahnya, meski satu ini. Kita proporsional saja. Itu hak dia lho untuk tetap menjadi anggota Polri tapi tidak menjabat apapun di Polri," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT