27 December 2019, 13:57 WIB

Kendati Terpuruk, Jiwasraya Pernah Jadi Sponsor Manchaster City


Hilda Julaika | Ekonomi

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Gedung perusahaan asuransi Jiwasraya di Jakarta. 

PERUSAHAAN asuransi plat merah Jiwasraya diketahui sempat menjadi sponsor klub sepak bola asal Inggris, Manchaster City.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga berpandangan hal tersebut tidak etis lantaran kondisi keuangan perusahaan yang tengah terpuruk.

Lebih lanjut Arya membeberkan beberapa total biaya yang dikeluarkan Jiwasraya untuk menarik Manchaster City. Di antaranya, total biaya sponsorship dari Juni 2014 hingga Mei 2016 sebesar Rp7,5 miliar.

"Jadi nilai sponsor setelah pajak yang digelontorkan sebesar Rp7,5 miliar per tahun," terang Arya.

Baca juga : Empat Orang Ini Layak Jadi Tersangka Jiwasraya

Biaya lainnya meliputi, biaya kunjungan sebesar Rp4 miliar yang bersifat tentatif. Menurut Arya, biaya kunjungan ini diturunkan apabila klub melakukan kunjungab ke Indonesia. Selain itu, terdapat pula biaya souvenir Jiwasraya dengan logo klub senilai Rp1 miliar per tahun.

Saat ini sendiri kontrak kerja sama antara Jiwasraya dengan Manchaster City telah selesai. Menurut Arya, kerja sama tersebut hanya berlangsung selama 4 tahun dari 2016 ke 2018.

"Kontraknya hanya 4 tahun. Setelah kontrak selesai, disetop oleh Indra Widjaja (Direktur Pemasaran Korporat Sriwijaya)," ujarnya. (Hld/OL-09).

BERITA TERKAIT