27 December 2019, 11:05 WIB

Balitbangkes Terus Lakukan Inovasi untuk Pembangunan Kesehatan


Atalya Puspa | Humaniora

Antara
 Antara
Menteri Kesehatan m Terawan Agus Putranto.  

MEMPERINGATI Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes RI, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melakukan dialog bersama para peneliti terkait inovasi riset bidang kesehatan, di kantor Balitbangkes, Jakarta, pada Kamis (26/12).

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan penelitian yang berkualitas dan mendukung program pembangunan kesehatan yang merata di Indonesia. Menkes menyampaikan bahwa Badan Litbangkes ini akan terus melakukan pengembangan dan inovasi.

“Balitbangkes sudah cukup memiliki alat dan keahlian yang baik, dan mudah-mudahan ini dalam rangka HUT ke-44 terus bisa maju ke depan dengan detect, dengan makin tepat dan benar, sehingga saya dalam membangun kebijakan penanganan wabah dan sebagainya bisa tepat,” kata Menkes Terawan dalam keterangan resmi, Jumat (27/12).

Data dan informasi menjadi hal yang utama dalam mengambil keputusan serta membuat kebijakan yang tepat. Badan Litbangkes memiliki informasi dan inovasi riset kesehatan yang ada di seluruh Indonesia berupa surveilans kesehatan, riset upaya kesehatan masyarakat, dan intervensi sesuai dengan kebudayaan.

Terawan berharap agar Balitbangkes mempunyai prospek yang besar dalam menjaga kesehatan bangsa melalui Riset Penyakit Menular, Penyakit Tidak Menular dan Budaya dan Kondisi Sosial terkait Penyakit, dan Pengembangan Pengobatan Tradisional melalui kearifan budaya lokal.

Dalam laporannya, Kepala Badan Litbangkes, Siswanto menyampaikan Riset tidak hanya untuk dipublikasikan tetapi juga digunakan dalam rangka perbaikan serta pengembangan dalam inovasi dan memberikan rekomendasi dalam mengambil kebijakan di lapangan dan juga dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). (Ata/OL-09)

BERITA TERKAIT