27 December 2019, 10:30 WIB

58 Proyek Diresmikan Sehari, Pemkab Brebes Raih Rekor Muri


Supardji Rasban | Nusantara

MI/Supardji Rasban
 MI/Supardji Rasban
Pemkab Brebes Raih Rekor Muri untuk peresmian 58 proyek yang dilakukan dalam sehari

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah, meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) atas prestasi meresmikan proyek pembangunan terbanyak tahun anggaran 2019.

Peresmian sebanyak 58 proyek tersebut dilakukan secara marathon oleh Bupati Brebes, Idza Priyanti, sejak Kamis (26/12) pagi hingga petang hari.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dimulai dari paket pekerjaan yang tersebar di wilayah Brebes bagian utara, tengah dan selatan dengan nilai ratusan miliar.

Kompleks pemakaman Syeh Junaedi di Desa Randusanga Wetan, Kecamatan Brebes, menjadi proyek pertama yang diresmikan Idza yang diikuti para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) setempat.

Peresmian berakhir di Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Bumiayu, di wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan. Bangunan yang diresmikan orang nomor satu di Brebes tersebut meliputi jalan, Puskesmas, rumah sakit, jembatan dan sejumlah proyek infrastruktur lainnya.

Penghargaan MURI diterima Idza Priyanti usai meresmikan proyek pembangunan gedung medik dan penunjang medik RSUD Bumiayu yang diserahkan Ariani Siregar dari Muri.

"Alhamdullilah kegiatan peresmian proyek pekerjaan terbanyak ini bisa meraih penghargaan Muri. Ini juga berkat partisipasi Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) yang didukung masyarakat Kabupaten Brebes," ujar Idza.

Baca juga: Kopi Janji Jiwa Raih Rekor Muri dalam Pertumbuhan Kedai Tercepat

Idza menuturkan dirinya dan rombongan Forkompinda berangkat meresmikan proye-proyek tersebut mulai pukul 06.00 WIB, berkeliling dari satu lokasi ke lokasi proyek pembangunan fisik yang dinyatakan selesai pengerjaanya di 17 titik.

"Rutenya sejauh 240 kilometer lebih, jarak itu diukur dari lokasi peresmian yang tersebar di 17 titik," tutur Idza.

Bupati meminta masyarakat Kabupaten Brebes untuk menjaga sekaligus merawat hasil pembangunan yang sudah diresmikan tersebut.

"Saya mengajak warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara apa yang sudah ada," pintanya.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Brebes, Edy Hartoyo, menyatakan pembangunan yang dilaksanakan pada hakekatnya merupakan hasil dari perencanaan yang sudah sistematis dan bukan pembangunan yang dilakukan serta merta.

"Proyek pembangunan tersebut merupakan representasi dari masyarakat yang pada akhirnya akan berdampak pada pelayanan publik yang semakin baik," ujar Edy.

Kejari mengingatkan semua pihak agar memanfaatkan secara maksimal sarana dan prasarana yang sudah dibangun dan diresmikan tersebut yang semata-mata untuk kepentingan masyarakat.

"Apa yang sudah dibangun dan di selesaikan ini, semuanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Brebes khususnya," tegasnya.

Menurut Edy, peresmian ini dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan pembangunan fisik dan yang dilaksanakan Pemkab Brebes dan pihak lain bahwa pembangunan sudah selesai.

"Mewakili Kejari Brebes saya berterima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat. Semoga ini bisa menjadi berkah bagi kita semua," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT