27 December 2019, 07:00 WIB

Banyak Sekolah belum Registrasi Akun LTMPT


Syarief Oebaidillah | Humaniora

MASA pendaftaran akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) segera ditutup pada 7 Januari 2020. Namun, jumlah sekolah yang sudah melakukan registrasi akun LTMPT dan menyelesaikan secara permanen data akunnya masih minim.

Hingga kemarin, Kamis (26/12), jumlah sekolah yang telah melakukan registrasi dan menyelesaikan secara permanen data akun ke LTMPT tercatat sebanyak 6.192 sekolah dari akun sekolah yang aktif sebanyak 16.968. Secara nasional jumlah SMA sederajat sekitar 23 ribu sekolah.

Seperti diketahui, pendaftaran akun LTMPT bagi sekolah dan siswa yang akan mendaftar seleksi Nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) telah dijadwalkan sejak 2 Desember 2019 hingga penutupan 7 Januari 2020. Menurut Wakil Ketua LTMPT Prof Dr M Nasih, masih minimnya pihak sekolah melakukan registrasi akun bukanlah disengaja. Namun, lebih pada persoalan teknis pendataan di sekolah masing-masing. "Mungkin masih banyak sekolah yang menunggu atau masih meng-update data tentang akreditasi sekolah, siswa, dan lain lain," kata Nasih, kepada Media Indonesia, kemarin.

Dia menjelaskan merujuk data LTMPT tersebut, jumlah sekolah yang mendaftarkan akun baru sebanyak 17.997 sekolah. Dari jumlah ini tercatat akun sekolah aktif 16.968 sekolah, sedangkan jumlah siswa yang mendaftar akun sebanyak 883.866 siswa, dengan jumlah akun siswa aktif sebanyak 826.932 . Dari jumlah tersebut, baru 498.280 siswa di antaranya yang telah menyelesaikan secara permanen data akunnya. "Kami terus berkoordinasi dengan kawan-kawan LTMPT untuk memantau," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua LTMPT Ravik Karsidi mengingatkan jika hingga tenggat 7 Januari 2020, sekolah dan siswa masih belum melakukan perubahan status permanen data-datanya, siswa dan sekolah tidak dapat melakukan pendaftaran di Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) dan SNMPTN 2020.

Segera mendaftar

Dihubungi terpisah, Rektor Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Samsul Rizal, mengimbau agar sekolah dan siswa segera memanfaatkan waktu yang tersisa untuk segera mendaftar akun LTMPT. Diungkapkan pada 22 Desember 2019, untuk Provinsi Aceh tercatat baru 685 sekolah yang terdaftar dari 1.020 sekolah. "Dari angka tersebut, baru 19% atau 191 sekolah yang telah menyimpan permanen datanya," kata Samsul Rizal. Masih banyak sekolah dan siswa di Aceh yang belum mendaftarkan akun LTMPT.

Untuk diketahui, akun LTMPT merupakan keharusan yang wajib dimiliki setiap calon peserta yang akan mengikuti SNMPTN, ujian tulis berbasis komputer (UTBK), dan seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN) 2020. Pendaftaran ini dapat dilakukan calon peserta melalui laman https://ltmpt.ac.id. (Medcom.id/H-1)

BERITA TERKAIT