26 December 2019, 22:30 WIB

Ombudsman dan Kemenkumham Temui Novanto Berkursi Roda


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

KEPALA Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Liberti Sitinjak dan anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala mendatangi RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, Kamis (26/12) malam. Kunjungan tersebut untuk memastikan terpidana korupsi Setya Novanto (Setnov) dirawat lantaran sakit.

"Saya dengan Profesor Meliala sudah menyaksikan langsung Setnov sedang dirawat. Tadi (Setnov) sudah mau ke radiologi dan dia duduk di kursi roda," kata Liberti kepada wartawan di Paviliun Kartika RSPAD usai inspeksi, Kamis (26/12) malam.

Liberti memastikan mantan Ketua DPR yang menjadi terpidana kasus korupsi KTP-elektronik itu sakit. Setnov dikawal dua petugas dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang.

Dia bersama Adrianus masuk ke tempat Setnov dirawat di Paviliun Kartika RSPAD. Namun, para wartawan tidak diperkenankan masuk.

"Tadi saya bicara (dengan Setnov). Artinya sadar. Saya pegang tangannya juga demam panas. Tapi saya tidak tanya (sakitnya apa)," ujar Liberti.

Menurut dia, soal sakit yang diderita Setnov dan perawatan masih akan menunggu diagnosa dokter. Begitu juga soal kemungkinan Setnov kembali ke tempatnya mendekam yakni LP Sukamiskin.

"Menunggu kata dokter untuk membawa pulangnya. Saya juga akan kirim dokter LP Sukamiskin. Kalau bisa dibawa pulang ya kami bawa pulang," ujarnya.

Anggota Ombudsman Adrianus Meliala mengatakan terus mengawasi terkait dengan kerja Kanwil Kemenkumham Jabar dalam memantau Setnov. Menurut dia, harus dipastikan Setnov keluar dari LP bukan untuk urusan yang lain.

"Jadi kami tidak peduli dengan urusan Setnov-nya tapi kami concern dengan performa teman-teman Kanwil. Maka diajak (kunjungan) ke sini saya senang saja," ujar Adrianus. (X-15)
 

BERITA TERKAIT