23 December 2019, 14:10 WIB

Mendongeng Membantu Kemampuan Literasi Anak


mediaindonesia.com | Humaniora

Istimewa
 Istimewa
Acara Nivea #SentuhanIbu 2019 World of Imagination diisi kegiatan mendongeng.

PENELTIAN telah membuktikan bahwa kegiatan mendongeng membantu kemampuan literasi yang sejalan dengan kemampuan kognitif anak.

”Sehingga dapat disimpulkan, walaupun kegiatan mendongeng termasuk mudah dilakukan, namun memiliki dampak yang luar biasa terhadap perkembangan otak anak,” kata Dr Herbowo Soetomenggolo SpA(K)  pada acara Nivea #SentuhanIbu 2019 World of Imagination di Ecopark, Ancol, Jakarta, pada 20-22 Desember 2019.

Pada acara yang didukung Nivea Creme Tin kembali mengukuhkan komitmennya untuk mempererat bonding time antara ibu dan anak melalui Nivea #SentuhanIbu 2019 World of Imagination, dokter spesialis saraf anak Hernowo mengatakan bahwa kegiatan mendongeng meliputi beberapa hal termasuk neural coupling yakni mendengarkan, memproses informasi, mengolah informasi menjadi data-data sesuai dengan imajinasinya.

Proses selanjutnya, menurut Hernowo, adalah mirroring atau ketika otak pendengar memiliki cara bekerja yang sama dengan otak pendongeng.

 ”Selanjutnya otak merilis beberapa hormon seperti dopamine, kortisol dan oksitosin. Hormon tersebut mengatur perubahan emosi, kewaspadaan dan empati sehingga dapat mengingat jalur cerita,” ujar Hernowo.

Ia memaparkan bahwa aktivitas di cortex terjadi ketika otak memroses fakta sehingga dapat mengaktivasi bagian otak lainnya termasuk motor cortex, sensory cortex, dan frontal cortex . “Penelitian menunjukkan kegiatan mendongeng membantu kemampuan literasi yang sejalan dengan kemampuan kognitif anak.”

Sementara itu, Brigitta Dewi Pricillia selaku Brand Executive Nivea Body and Creme mengatakan, fokus utama dari Nivea #SentuhanIbu adalah untuk menciptakan momen yang dapat mempererat ikatan emosi ibu dan anak, salah satunya dengan kegiatan mendongeng.

”Kami percaya dongeng yang menarik dan seru dapat menumbuhkan daya imajinasi anak, terlebih jika diiringi dengan sentuhan lembut ibu yang memberikan rasa nyaman dan ketenangan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu juga bekerja sama dengan komunitas dongeng Ayo Dongeng Indonesia. Menurut Mochamad Ariyo Faridh Zidni atau Kak Aio, selaku pendiri komunitas Ayo Dongeng Indonesia, orang tua juga dapat melibatkan anak-anak dengan mendorong mereka memberikan ide jalur cerita.

 ”Nama karakter dan alat peraga lainnya sehingga mendongeng menjadi lebih seru. Tidak ada cerita yang salah atau benar saat kita berimajinasi. Di situlah letak kekuatan imajinasi,” jelas Kak Aio.

Di sisi lain, Nivea #SentuhanIbu 2019 akan menghadirkan World of Imagination – taman bermain interaktif untuk anak yang terinspirasi dari sebuah cerita yang digabungkan dengan dunia imajinasi, kombinasi antara permainan dengan seni digital.

Taman bermain ini terdiri dari dunia air, dunia angin, dunia hutan, dan dunia pasir yang memiliki petunjuk cara bermain, karakter unik hingga rintangan yang harus dihadapi oleh ibu dan anak secara kompak menggunakan imajinasi mereka. (OL-09)

BERITA TERKAIT