26 December 2019, 20:39 WIB

Banjir Riau Sebabkan Ribuan Warga Terserang Penyakit


Rudi Kurniawansyah | Nusantara

Antara
 Antara
Warga bertahan di rumah meski terserang banjir

SEDIKITNYA 1.276 warga terserang penyakit akibat banjir yang melanda sejumlah daerah di Riau. Sejauh ini, pemerintah setempat telah
mengirimkan tim medis reaksi cepat dan Rapid Health Assesment (RHA) untuk menolong warga terdampak penyakit pasca banjir.

"Kami telah mengirim tim medis ke lokasi terdampak untuk menyalurkan bantuan obat-obatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, kemarin.

Dijelaskannya, berdasarkan data sementara Dinas Kesehatan Riau diketahui korban banjir yang terserang penyakit tersebar pada lima kabupaten yaitu jumlah terbanyak di Kampar 488 orang, Indragiri Hulu 289 orang, Rokan Hulu 277 orang, Kuantan Singingi 145 orang, dan Rokan Hilir 77 orang.

Adapun jenis penyakit yang diderita warga akibat banjir yaitu diare dengan jumlah penderita sebanyak 66 jiwa, Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) 460 jiwa, penyakit kulit 553 jiwa, dan penyakit lainnya 197 jiwa.

"Warga korban banjir bisa segera berobat ke posko pelayanan terdekat. Tim medis akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga," jelas Mimi.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menetapkan status siaga darurat banjir hingga 31 Desember mendatang. Penetapan status siaga darurat menyusul dampak banjir dari meluapnya sejumlah sungai telah mengancam sedikitnya 62 ribu jiwa penduduk di enam kabupaten di Riau.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT