26 December 2019, 18:30 WIB

PSSI akan Perkenalkan Shin Tae-yong di Pakansari, Sabtu


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

AFP
 AFP
Shin Tae-yong 

WAKIL Ketua Umum PSSI Cucu Somanti mengatakan Shin Tae-yong akan diperkenalkan sebagai pelatih Tim Nasional Indonesia di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (28/12).

Cucu mengatakan, perkenalan itu bersamaan dengan final Liga 1 Putri yang digelar di tempat dan hari yang sama.

"Dia datang hari ini, tapi diperkenalkannya Sabtu di Pakansari," kata Cucu melalui pesan singkat, Kamis (26/12).

Namun, Cucu enggan membeberkan lebih lanjut detail kontrak Shin Tae-yong.

"Lihat saja nanti saat teken kontrak," ungkap Cucu.

Sementara itu, media Korea Selatan Hankook Ilbo melaporkan Shin Tae-yong meneken tiga tahun kontrak dengan PSSI dan ditugaskan melatih Timnas senior, Timnas U-23, serta Timnas U-20 yang tampil di Piala Dunia 2021.


Baca juga: PT LIB Ingin Izin Lebih Mudah


Shin turut membawa pelatih kiper Kim Hae-won, pelatih fisik Lee Jae-hong di barisan kepelatihannya. Keduanya bekerja sama dengan Shin menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

"Kami sangat tertantang untuk menaikkan level tim yang berada di bawah kita (Korea)," ungkap Shin, sebelum terbang ke Indonesia, hari ini.

Shin mengaku telah mengantongi pekerjaan rumah yang harus ia atasi ketika menukangi Garuda. Ia mengaku akan menggenjot fisik pemain yang terlihat loyo ketika bermain di babak kedua.

"Saya pikir Indonesia memiliki skill yang bagus. Namun, mereka sering mengalami penurunan stamina pada pertengahan babak kedua," kata Shin.

Selain itu, Shin juga mengaku akan beradaptasi dengan kultur dan agama Indonesia, khususnya dengan agama Islam yang dianut mayoritas masyakarat.

"Indonesia negara dengan Islam yang kental dengan adanya bulan Ramadan yang membatasi makanan. Agama harus dihormati, tapi kita akan melakukan studi untuk peningkatan fisik," kata Shin. (OL-1)

BERITA TERKAIT