26 December 2019, 14:35 WIB

Menkopolhukam: Natal Tahun Ini Paling Aman


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

MI/M Irfan
 MI/M Irfan
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut perayaan hari raya Natal tahun ini menjadi yang paling aman dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu, ujarnya, tercermin dari tidak adanya peristiwa besar terkait aksi terorisme dan tindakan intoleransi.

"Pemerintah gembira perayaan Natal kali ini diakui tokoh-tokoh gereja bahwa tahun ini adalah Natal terbaik dan teraman dalam satu dekade terakhir. Tidak ada peristiwa (besar) apapun yang berdampak kepada situasi nasional," kata Mahfud dalam bincang-bincang dengan wartawan di bilangan Jakarta Timur, Rabu (26/12).

Mahfud menyatakan telah melaporkan situasi perayaan Natal tersebut kepada Presiden Jokowi. Ia mengapresiasi jajaran aparat keamanan dalam mengamankan perayaan Natal dan mengantisipasi ancaman keamanan.

"Kita sudah melewati hari Natal dengan baik. Natal pada dasarnya ritual keagamaan dan tidak ada satu agama pun yang mengajarkan permusuhan. Semua agama mengajarkan persaudaraan," imbuh Mahfud.

Terkait dengan pelarangan perayaan Natal di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat, Mahfud mengakui memang terjadi polemik. Pemerintah bakal tetap mengevaluasinya agar perayaan Natal ke depan semakin aman.

"Memang ada letupan kecil tapi tidak berdampak nasional. Yang penting aman dulu. Nanti akan dilihat maslaahnya secara mendalam. Akan kami evaluasi dan cari cara bagaimana mengatasinya," tukasnya. (Dhk/OL-09)

BERITA TERKAIT