26 December 2019, 11:36 WIB

Golden State Warriors Hentikan Kemenangan Beruntun Rockets


mediaindonesia.com | Olahraga

 AFP/Thearon W. Henderson
  AFP/Thearon W. Henderson
Draymond Green (kanan) dari Golden State Warriors mencoba melewati bintang Houston Rockets James Harden pada laga di Chase Center.

GOLDEN State Warriors sanggup menjadi mimpi buruk Houston Rockets di laga Natal NBA 2019-2020. Damion Lee dan koleganya meraih keunggulan dengan skor 116-104 di Chase Center, San Francisco, California, AS, Rabu (25/12) waktu setempat.

Lee membantu timnya menang dengan membukukan 22 poin tertinggi selama dirinya berkarir. Ia juga mencatatkan 15 rebound dan empat asisst dalam waktu bermain 31 menit.

Pebasket berusia 27 tahun itu memasukkan 5/9 tembakan dan 10/10 dari tembakan gratis. Duetnya di posisi guard D’Angelo Russell mengamankan 20 poin dengan tiga rebound dan empat asis.

Draymond Green mampu mencetak angka yang sama dengan Russell, dengan 11 rebound dan tiga asisst.

Di kubu Rockets, pebasket andalan James Harden gagal memberi taji seperti pada laga-laga sebelumnya. Center Warriors Willie Cauley-Stein sukses menutup pergerakan Harden yang mencetak total 24 poin.

Russell Westbrook menjadi pencetak poin terbanyak dengan raihan 30 poin, dengan 12 rebound, dan lima asis. Danuel House menambahkan 18 poin dan lima rebound.

Namun, perolehan tersebut tak membuat Rockers bisa kembali mencuri kemenangan kelima beruntun musim ini.

Padahal, Rockets bermain dengan skuat utamanya. Clint Capela, Harden dan Westbrook yang selalu menjadi andalan turun dalam laga tandang.

Melewati hadangan Rockets membawa Warriors mampu mencatat kemenangan ketiga beruntun perdana di musim ini. Terakhir, Warriors mengalahkan Minnesota Timberwolves dengan skor 113-104, Senin (23/12).

Pelatih Warriors, Steve Kerr, mengatakan kemenangan terbesar anak asuhnya bisa didapatkan berkat pertahanan yang dibangun sejak awal laga.

Ia berinovasi karena melihat kecermelangan Harden dalam menyerang, sehingga harus mengubah cara bermain tim.

Dirinya mengaku menahan sang bintang hingga hanya bisa meraup 24 poin di laga Natal. Kerr juga mengaku jika Stein dkk. telah berlath keras sebelum pertandingan untuk menutup pergerakan seorang Harden.

"Harden pada dasarnya telah memaksa seluruh liga untuk mempertimbangkan kembali cara bertahan," kata Kerr.

"Dia khususnya, tetapi bahkan bagaimana menjaga pick-and-roll, dengan jumlah penembak tiga poin yang dimiliki orang. Jadi saya telah melihat banyak hal inovatif di luar sana,” tambahnya.

Swingman veteran Glen Robinson III juga memberikan peran signifikan untuk kemenangan minimalis yang diraih Warriors. Ia sanggup menjaga pertahanan dengan solid sembari menyumbang 18 poin. Kinerja apik Robinson pun mampu berulang kali membuat mantan MVP itu mati kutu.

Kendati meraih kemenangan di hari Natal, Warriors masih bercokol di posisi juru kunci dengan raihan delapan kemenangan dan 24 kalah. Sementara Rockets keluar dari tiga besar dengan 21 kemenangan dan 10 kekalahan.

Laga berikutnya, Warriors akan bertemu Phoenix Suns di Chase Center, Sabtu (28/12). Rockets akan kembali berlaga esoknya melawan New Orleans Pelicans di Smoothie King Center. (ESPN/Ykb/OL-09)

BERITA TERKAIT