26 December 2019, 11:12 WIB

Perpres KSP Terbit, Moeldoko akan Didampingi Wakil


Damar Iradat | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
 ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo

PERATURAN Presiden (Perpres) Nomor 83 Tahun 2019 tentang Kantor Staf Presiden telah diteken Presiden Joko Widodo. Dalam Perpres tersebut, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko akan didampingi seorang wakil.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan wakil kepala staf kepresidenan bertugas membantu Moeldoko dalam pelaksanaan fungsi delivery assurance unit. Wakil Kepala Staf Kepresidenan akan bersinggungan langsung dengan sektor-sektor kebijakan.

"Memastikan seluruh program presiden dan wakil presiden terlaksana dengan baik," ujar Fadjroel dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (26/12).

Baca juga: Moeldoko Bela SKB Cegah Radikalisme

Sebelumnya, Moeldoko mengatakan wakil kepala staf kepresidenan akan ditunjuk langsung oleh Presiden Jokowi. Posisi wakil kepala staf kepresidenan sangat dibutuhkan seiring tugas di KSP pada periode kedua Presiden Jokowi bertambah.

Tugas tambahan itu yakni delivery unit atau menerjemahkan program presiden. Nantinya, program presiden tersebut akan dibuat konsep besar dan akan dieksekusi menteri atau kepala lembaga terkait.

"Yang dimaksud delivery unit itu seperti ini, Presiden nanti punya program Kartu Pra-kerja. Beliau kan hanya menyampaikan, tapi bentuknya, desain, besarnya Kartu Pra-kerja sampai bisa dioperasionalkan siapa yang mengawal? Nah itulah salah satu tugas delivery unit," kata Moeldoko beberapa waktu lalu.(OL-5)

BERITA TERKAIT