26 December 2019, 08:15 WIB

PT LIB Ingin Izin Lebih Mudah


Faj/R-1 | Olahraga

TOP SKOR/Dok.MI
 TOP SKOR/Dok.MI
Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Dirk Soplanit

DIREKTUR PT Liga Indonesia Baru (LIB) Dirk Soplanit berharap Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mampu memperlancar perizinan untuk Liga 1 2020. Dengan posisi Iwan Bule sebagai perwira tinggi Polri, dialog dengan kepolisian diharapkan bisa berjalan lebih mulus.

“Dengan Pak Iriawan, ke depan bisa diantisipasi berbagai hal yang kemungkinan dihadapi muncul tiba-tiba. Diharapkan jalannya liga nanti bisa lancar,” ujar Dirk, kemarin

Dirk mengatakan, pada Liga 1 2019 terjadi bebe­rapa penundaan pertandingan karena tak ada izin dari kepolisian, mengingat kondisi yang tak kondusif dengan adanya agenda politik nasional. Hal ini berdampak pada jadwal pertandingan yang dibuat berdekatan agar kompetisi selesai tepat waktu.

Ke depannya, Dirk mengatakan pihaknya akan duduk bersama PSSI dan kepolisian untuk mencari solusi agar pertandingan tetap digelar, meski ada agenda politik nasional dan daerah. “Tahun ini kita antisipasi dengan adanya pilkada serentak. Kita usahakan semuanya lancar dan tidak menganggu jalannya liga,” kata Dirk yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu.

Adanya beberapa penundaan pertandingan di Liga 1 2019 yang membuat jadwal berubah juga menjadi salah satu hal yang disorot Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali.

“Jadi, pertandingan bisa tetap digelar sesuai dengan jad­wal yang dibuat. Ada stadion alternatif untuk menggelar pertandingan. Ini harusnya dipikirkan sebelum liga bergulir,” ung­kap Akmal.

Ia juga mengingatkan pentingnya sinergi antara PSSI dan PT LIB untuk menjadikan kompetisi penguat­an tim nasional. Orientasi bisnis tidak dipinggirkan, tapi kepentingan tim nasional jadi yang utama.

“Jika kompetisi sehat, pemain berbakat muncul. Pelatih timnas tinggal memilih dan menerapkan strategi. Selama ini, pemain dipanggil, tapi fisik kembali dilatih di timnas. Mulai lagi dari nol,” kata Akmal. (Faj/R-1)

BERITA TERKAIT