25 December 2019, 19:20 WIB

Pemerintah Jamin Ketersediaan Pangan saat Nataru


Andhika prasetyo | Ekonomi

ANTARA/Moch Asim
 ANTARA/Moch Asim
Seorang pedagang ayam di Pasar Tambahrejo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (24/12).

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan kebutuhan pangan selama periode perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) aman dan terkendali.

Bahkan, lanjut dia, setidaknya hingga tiga bulan ke depan, stok bahan pokok yang perlu diwaspadai seperti ayam, gula, daging dan beras dalam kondisi mencukupi.

Baca juga: Gebrakan Mentan Syahrul Sediakan Pangan Rakyat

"Insya Allah dengan segala upaya dan doa kita semua, pangan dasar dalam momen natal dan tahun baru ini tersedia dengan cukup dan aman. Untuk itu, saya ucapkan selamat natal dan tahun baru 2020. Mari kita jadikan momentum ini untuk menghadirkan damai dan sejahtera," ujar Syahrul melalui keterangan resminya, Rabu (25/12).

Kepastian ini juga diperkuat dengan data Perum Bulog, Kemendag serta Badan Ketahanan Pangan yang terus memantau stok pangan secara harian. Stok beras Bulog bahkan mencapai 2,3 juta ton sekarang.

Di samping itu, Syahrul juga memastikan stok pangan lain seperti daging, sayuran, buah dan telur. Semua stok komoditas tersebut aman karena hasil pengecekan stok di gudang dan pasar masih dalam jumlah besar.

"Masyarakat tenang saja, harga pun kita harapkan stabil karena stok cukup. Pemerintah memantau terus pergerakan pangan dari hulu hingga hilir," tegasnya. (Pra/A-3)

BERITA TERKAIT