25 December 2019, 15:15 WIB

Yuk, Simak Beberapa Kegiatan Toleransi di Perayaan Natal


mediaindonesia.com | Humaniora

ISU intoleransi terkait dengan perayaan hari raya umat Kristiani rupanya hanya sebatas di media sosial saja. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM Mahfud MD pun memastikan kondisi riil perayaan Natal dalam suasana baik.

Berikut beberapa contoh kegiatan toleransi yang nyata dilakukan oleh masyarakat guna menghormati dan memastikan ibadah umat Kristiani bisa berlangsung damai dan khusyuk.

Penasaran seperti apa kegiatan toleransi yang dilakukan antarumat beragama? Berikut sejumlah data yang dikumpulkan News Research Center Media Group dari berbagai sumber:

1. Ibu-ibu umat kristiani di Dusun Karangtengah Lor, Desa Margosari, Kecamatan Pengasih membagikan parsel Natal untuk warga sekitar (22/12), sebagai bentuk toleransi di tengah keragaman atau pluralisme menjelang perayaan Natal 2019.

2. Barisan Ansor Serbaguna Nahdatul Ulama (Banser) Ansor Kota Depok sebanyak 70 anggota membantu kaum Nasrani untuk merayakan Malam Hari Natal dengan menjaga ratusan gereja yang ada di kota Depok.

3. Sejumlah siswa dan guru SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun mendatangi SDK Santa Maria Madiun, Jum'at (20/12/2019). Kedatangannya untuk memberikan tumpeng kepada siswa SDK Santa Maria sekaligus memberikan ucapan selamat Natal.

4. Pelaksanaan perayaan Natal di GBT Wonorejo (Gereja Bethel Tabernakel), Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, selain dihadiri umat kristiani dan katolik turut hadir warga yang beragama hindu, budha dan muslim, Senen (23/12/2019).

5. Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Wilayah Sulawesi Utara (Sulut), telah siaga sejak Minggu (22/12) atau H-3 perayaan Natal 25 Desember 2019, bersama-sama dengan anggota Kepolisian dan TNI berjaga di pos-pos pengamanan di tempat-tempat yang akan dijadikan lokasi ibadah perayaan Natal di Kota Manado.

6. Organisasi pemuda sayap Nahdlatul Ulama (NU) Ansor Kota Tangerang Selatan (Tangsel), akan mengerahkan 100 personil Banser untuk menjaga kondusifutas saat hati natal tiba, kut bersinergi dengan pihak kepolisian dan pemerintah Kota untuk menjaga gereja-gereja yang ada di Tangsel.

7. Kelompok pemuda lintas agama di Tulungagung menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) menjelang perayaan Hari Natal 2019.  Kegiatan baksos tersebut dilakukan di Gereja Kristen Jawi Wetan Desa Tiudan Kecamatan Gondang. Pemuda-pemuda yang hadir di antaranya dari Pemuda GKJW, Banser, Republik Gus Dur, Sahabat Nusantara serta beberapa perguruan silat antara lain PSHT, Pagar Nusa dan Cipta Sejati.

8. Jelang Natal, Umat Kristen di Denpasar Juga Lakukan Tradisi Ngejot atau berbagi makanan. Biasanya ini dilakukan menjelang Hari Raya Galungan yang dirayakan umat Hindu. Tradisi ngejot jelang hari raya adalah kebiasaan yang baik untuk menjaga rasa kekeluargaan.

9. Kampung Sawah di Depok, memiliki segitiga emas, yakni tiga rumah ibadah yang jaraknya berdekatan, yaitu Masjid Agung Al-Jauhar Yasfi, Gereja Kristen Pasundan, dan Gereja St. Servatius. Saat natal dan lebaran, baik Masjid Agung Al-Jauhar Yasfi ataupun Gereja St. Servatius pasti memberikan lahan parkir mereka untuk jemaat yang hadir pada hari raya di salah satu rumah ibadah membludak.(OL-5)

BERITA TERKAIT