24 December 2019, 22:50 WIB

Puluhan Remaja Masjid Jaga Keamanan Malam Natal di Sikka


Alexander P Taum | Nusantara

PULUHAN remaja masjid di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, turut menjaga keamanan dan kenyamanan pada ibadah malam Natal di wilayah itu, Selasa (24/12). Seperti di Gereja Katedral St Yoseph Maumere, para remaja masjid ini mengaku bangga dapat dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya Natal.

Pantauan Media Indonesia, Selasa malam, upacara Misa Kedua Malam Natal di Gereja Katedral St Yoseph Maumere, puluhan remaja Masjid Al-Hidayah Kampung Buton, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, berjaga di depan gereja. Ada pula yang menjadi keamanan parkir kendaraan dan mengatur keamanan lalu lintas.

Misa kedua Gereja Katedral St Yoseph Maumere di mulai pada pukul 20.00 wita, dipimpin langsung oleh Uskup Maumere Mgr Edwaldus Martinus Sedu.

Tampak remaja-remaja itu mengenakan busana khas muslim dan membawa serta ID Card. Mereka ikut mengambil bagian pengamanan bersama aparat kepolisian dan anggota TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, dan petugas dari Dinas Perhubungan.

Lukman dan Muladin, remaja Masjid Al-Hidayah kepada Media Indonesia, menyampaikan bahwa mereka bersama teman-teman remaja masjid lainya merasa bangga bisa ikut mengamankan Misa Natal di Gereja Katedral St Yoseph Maumere.

"Bagi kami momen ini sangan berhaga buat kami dan teman-teman remaja masjid lainnya, apa lagi ini merupakan kesempatan yang luar bisa, belum tentu di luar daerah kabupaten Sikka, Flores, NTT ada diberi kesempatan seperti ini," ujarnya dengan nada gembira dan penuh semangat.


Baca juga: Puluhan Ribu Umat Kristen di Kupang Ikuti Ibadah Malam Natal


Tidak hanya di Gereja Katedral St Yosep, Kapela Wairumbia juga dijaga para remaja masjid selalu dilibatkan untuk menjaga keamanan oleh remaja Masjid Al-Ansor.

"Ini menunjukkan bahwa bentuk toleransi antara umat beragama di Kabupaten Sikka sudah sangat tinggi di mana setiap hari raya besar seperti Lebaran, pemuda Katolik atau Mudika Katolik yang terlibat menjaga keamanan di masjid. Sebaliknya saat ini Hari Raya Natal dan Paskah pasti kami akan terlibat menjaga keamanan," tutur Muladin.

Sudah 3 tahun belakangan, sebut Lukman, dirinya bersama teman-teman remaja masjid selalu mengambil bagian dalam menjaga keamanan Natal.

"Kami thau Kabupaten Sikka, Flores, NTT, merupakan kabupaten yang mempunyai kerukunan antara umat beragama yang sangat tinggi," katanya.

Dia mengharapkan semoga daerah-daerah lain di ndonesia juga bisa mencontoh apa yang dilakukan para remaja masjid di Flores khususnya di Kabupaten Sikka.

Usai perayaan misa, puluhan remaja masjid ini berkesempatan menyampaikan selamat Natal kepada Uskup Maumere Mgr Edwaldus Martinus Sedu dan sejumlah umat Katolik lainnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT