24 December 2019, 16:28 WIB

KOI Usulkan Ketua Kadin Jadi Ketua Kontingen Olimpiade Tokyo 2020


Rahmatul Fajri | Olahraga

KETUA Kamar Dagang dan Industri Rosan Perkasa Roeslani diusulkan Komite Olimpiade Inodnesia sebagai ketua Kontingen (CdM) Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang telah menerima surat rekomendasi itu dari Ketua KOI Raja Sapta Oktohari.

"NOC Indonesia (KOI) sudah mengusulkan nama pak Rosan, tapi nanti saya tanya dahulu kenapa menunjuknya sebagai CdM Olimpiade 2020," ujar Zainudin di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (24/12).

Selain Ketua Kadin, Rosan juga aktif di dunia olahraga. Ia kini tercatat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angat Berat, Binaraga, Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI).

Baca juga : PASI Bidik Dua Tiket Tambahan ke Olimpiade 2020

Zainudin menegaskan, KOI punya hak untuk mengajukan nama CdM pada multiajang internasional. Kemenpora, lanjutnya hanya melakukan penelaahan terhadap nama yang diajukan KOI.

"Pemerintah itu tidak boleh campur tangan [dalam pengajuan CdM], tapi kami boleh pertanya. Kenapa pilih dia? kalau oke ya jalan. Itu saja," beber Zainudin.

Untuk membahas lebih lanjut soal penunjukan CdM Olimpiade 2020, Zainudin mengaku akan melakukan pertemuan dengan Ketua KOI Raja Sapta Oktohari dalam waktu dekat.

"Tanggal 26 Desember akan ada pertemuan. tadinya saya janjian kemarin (Minggu, 22 Desember 2019), tapi saya saat itu sedang di Bali, menutup Liga 1 2019," ujar Zainudin. (OL-7)

BERITA TERKAIT