24 December 2019, 13:19 WIB

Serapan APBD 2019 di Tapanuli Utara Mencapai 90,75%


Januari Hutabarat | Nusantara

MI/Januari Hutabarat
 MI/Januari Hutabarat
Bupati Tapanuli Utara,  Nikson Nababan

BUPATI Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Nikson Nababan mengklaim serapan APBD 2019 mencapai 90,75% dan realisasi belanja 84,98%. Pencapaian tersebut cukup baik dalam proses pelaksanaan program dan kegiatan di daerah yang dipimpinnya

"Walaupun demikian masih perlu pembenahan untuk beberapa hal pada tahun 2020. Seperti percepatan proses pengadaan barang dan jasa, percepatan penyusunan regulasi untuk mendukung percepatan proses penyaluran dana seperti kegiatan yang diprogramkan untuk Dana Desa," ujarnya, Senin (23/12/2019).

Sebelum dana tersebut ditransfer oleh pemerintah pusat, pihaknya terlebih dahulu mempersiapkan peraturan-peraturan daerah yang ditentukan oleh pusat. Selanjutnya dana transfer atau dana perimbangan dari pusat tahun 2020 berbasis pelaporan, sehingga pada awal tahun, Pemkab Tapanuli Utara, akan mempersiapkan laporan kepada pemerintah pusat terkait pencairan dana transfer yang akan dipergunakan untuk mendanai program dan kegiatan pada APBD 2020.

"Secara umum, program kegiatan (serapan anggaran) pada tahun 2019 berjalan dengan hasil yang memuaskan. Pencapaian tersebut terwujud atas kerja keras oleh seluruh Organisasi Perangkad Daerah (OPD) se Kabupaten Tapanuli Utara, demi terwujudnya visi pemerintah untuk kesejahteraan rakyat," ujarnya.

baca juga: Bupati Klaten Minta FPBI Perkuat Kebhinekaan

Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara, Poltak Pakapahan berharap kerja keras yang sudah dilakukan penkab bisa dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya.

"Tapanuli Utara akan menjadi daerah yang maju," harapnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT