24 December 2019, 13:06 WIB

Bupati Klaten Minta FPBI Perkuat Kebhinekaan


Djoko Sardjono | Nusantara

BUPATI Klaten, Sri Mulyani mengharapkan Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia (FPBI) menjadi wadah segenap bangsa untuk mempertahankan dan memperkokoh Pancasila. Serta Undang-Undang Dasar 1945 dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

"Dengan komitmen segenap komponen bangsa yang berwawasan kebangsaan, FPBI diminta untuk terus menjaga, mempertahankan, dan memperkuat persatuan, perdamaian, serta menghargai dan menghormati kemajemukan bangsa Indonesia," kata Kepala Kesatuan Kebangsaan dan Politik, Lilik Yunanto saat membacakan pidato sambutan Bupati Klaten Sri Mulyani,  Senin (23/12/2019).

Menurutnya nilai-nilai solidaritas, kekeluargaan dan rasa cinta Tanah Air yang menjadi kekuatan pemersatu dan karakter bangsa kini cenderung pudar. Apalagi seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi di era globalisasi.

"Kalau menguatnya nilai individualisme dan materialisme itu dibiarkan terus menerus akan merusak keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya pada pembukaan sarasehan yang diikuti sekitar 250 peserta tersebut.

Pada kesempatan sama, Rektor Unwidha Triyono mengatakan, Bhineka Tunggal Ika adalah pilar untuk menjaga dan mempertahankan toleransi antarumat beragama, kelompok, dan golongan, serta saling menghargai dan menghormati dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

baca juga: 13 Penumpang Selamat masih Jalani Perawatan

Untuk memperkuat kebhinekaan, menurut Triyono, ada tiga hal yang perlu dilakukan, yaitu penegakan hukum, kerja sama antarormas keagamaan di bidang sosial kemasyarakatan diperkuat, dan nilai-nilai toleransi ditanamkan sejak dini atau mulai dari anak TK hingga perguruan tinggi. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT