24 December 2019, 09:57 WIB

Sambut Wisatawan Prambanan Gelar Festival Gunungan


Agus Utantoro | Nusantara

MENYAMBUT kunjungan wisatawan libur akhir tahun, pengunjung Candi Prambanan disuguh dengan Festival Gunungan di Garuda Mandala Kompleks Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Festival Gunungan yang menampilkan aneka gunungan wayang kulit ini akan digelar hingga 31 Desember mendatang.
Tidak hanya gunungan wayang, dalam festival ini juga ditampilkan berbagai kesenian tradisional dari daerah, pagelaran seni budaya, pameran serta workshop yang bisa diikuti oleh wisatawan.

"Kami ingin menghadirkan suasana serta pengalaman baru kepada wisatawan dalam menikmati suasana Candi Prambanan," kata Dir Pemasaran & Pelayanan TWC (Taman Wisata Candi) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Hetty Herawati di sela-sela pembukaan Festival Gunungan, Senin (23/12/2019).

Menurut dia, percandian di Prambanan ini, dapat menjadi latar beragam aktivitas seni dan budaya. Sehingga Festival Gunungan yang menampilkan berbagai jenis gunungan dan ditata dengan latar belakang Candi Prambanan akan menambah daya tarik bagi wisatawan yang sedang berkunjung.

"Atraksi sekaligus edukasi budaya," imbuhnya.

Heru Mataya, penggagas Festival Gunungan mengatakan, festival ini merupakan wujud pelestarian tradisi dan pertunjukan tradisional yang dikemas dalam berbagai kesenian, untuk menandai pergantian tahun di Candi Prambanan.

Dia kemudian menjelaskan, gunungan, dalam pewayangan menjadi simbol babak akhir untuk memulai babak baru. Lewat Festival Gunungan ini diharapkan menjadi pengiring untuk babak baru di tahun yang baru pula, sekaligus mengakhiri babak yang sebelumnya.

Sementara General Manager PT TWC Unit Candi Ptambanan, Aryono Hendro Malyanto mengatakan, TWC Candi Prambanan menawarkan berbagai atraksi seru dan aktivitas baru bagi wisatawan yang berkunjung, beberapa diantaranya adalah Festival Gunungan dan Taman Analana.

baca juga: Peternak Ayam di Cianjur Diduga Buka Paksa Segel

Dikatakan, dengan banyaknya aktivitas di TWC ini diharapkan akan meningkatkan kepuasan pengunjung khususnya pada masa ramai kunjungan. Melalui kegiatan ini diharapkan target kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan sebanyak 280 ribu orang bisa tercapai.

"Tahun lalu target kami 250 ribu pengunjung," imbuhnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT