24 December 2019, 08:35 WIB

Kawasan Wisata Siap Sambut Pengunjung


Benny Bastiandy | Nusantara

MI/Akhmad Safuan
 MI/Akhmad Safuan
Ilustrasi -- Festival Jajanan Tradisional Jepara, Jawa Tengah

MENDEKATI libur Natal dan Tahun Baru, kawasan wisata mulai berbenah dan siap menyambut wisatawan. Beberapa kawasan wisata bahkan mulai dipadati pengunjung hingga menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, tepatnya kawasan wisata favorit, Cipanas, sejumlah hotel, restoran, dan tempat perbelanjaan menyediakan berbagai paket promosi bahkan menambah fasilitas. Salah satunya ialah Kampoeng Brasco di Desa Palasari, Kecamatan Cipanas.

Tempat perbelanjaan berbagai produk fesyen itu menyediakan fasilitas tambahan bagi wisatawan yang hobi fotografi maupun pegiat media sosial. Di lokasi itu kini tersedia Epic Instagram Studio, yang merupakan studio foto terlengkap dengan 23 spot area foto Instagramable berkonsep milenial yang kekinian dan menarik.

“Momentum akhir tahun ini kami jadikan ajang menarik minat wisatawan luar daerah maupun lokal yang sedang berlibur di Cipanas saat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” kata Marketing Kampoeng Brasco Tonny Soehardjo, kemarin.

Menurutnya, setiap hari-hari besar keagamaan pihaknya selalu menyiapkan berbagai produk maupun promosi. ­Apalagi pada liburan Natal dan akhir tahun, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Cipanas selalu meningkat. “Sekarang ada Epic Instagram Studio. Sejak di-soft launching beberapa hari lalu, sudah ada ribuan pengunjung ke Epic Instagram Studio,” katanya.

Sementara itu, di wilayah Jawa Tengah bagian utara, sejumlah objek wisata dipadati pengunjung yang sebagian besar para pemudik, antara lain di Kabupaten Semarang dan Kudus.

Para pengelola berbagai objek wisata di Kabupaten Semarang mengaku terjadi lonjakan jumlah pengunjung menjelang Natal ini, bahkan peningkatan mencapai hingga 500% dari hari libur akhir pekan.

Hantoro, petugas di objek wisata Sumowono, mengatakan, pengunjung lokasi wisata itu selain para pemudik yang tengah melintas, juga mereka yang memang datang untuk mengisi waktu libur.

“Mumpung mudik, kesempatan berkunjung ke daerah­ wisata bersama keluarga sekalian juga berkunjung ke keluarga,” kata Kiki, 45, salah seorang pumudik dari Bekasi, Jawa Barat.

Apalagi, sehari habis Natal, ujar Kiki, harus sudah kembali ke Bekasi karena anaknya sudah harus masuk asrama sehingga kesempatan di kampung halaman juga terbatas.

Dipadati pemudik

Banyaknya pemudik yang memadati sejumlah tempat wisata mengakibatkan lalu lintas kendaraan menuju ­lokasi-lokasi itu menjadi padat. Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus, Putut Sri Kuncoro, secara terpisah mengatakan, sejumlah ruas jalan di kabupaten itu yang dipadati pemudik, terutama mulai Terminal Kudus hingga Simpang Tujuh Kudus dan jalur menuju sejumlah objek wisata.

Di Kabupaten Sorong, Papua Barat, warga menyambut dan memeriahkan Natal dengan membuat honai atau rumah khas Papua berbahan kayu dengan atap dari daun sagu. Bangunan tersebut dihiasi dengan sejumlah barang bekas, seperti ban bekas dan pohon Natal yang terbuat dari botol bekas kemasan minuman.

Honai juga diterangi lampu hias sehingga terlihat sangat cantik di malam hari. “pembuatan honai merupakan tradisi warga Papua dalam merayakan Natal setiap tahun,” jelas John Rumaropen, salah seorang warga Sorong. (AS/MS/N-1)

BERITA TERKAIT