23 December 2019, 16:30 WIB

Visa dan Perusahaan E-Commerce Bidik Konsumen Digital Indonesia


mediaindonesia.com | Ekonomi

Istimewa
 Istimewa
Konsumen Indonesia mengaku semakin nyaman dengan menggunakan pambayaran digital.

LEMBAGA Intuit Research telah melakukan studi Consumer Payment Attitudes guna memahami perilaku konsumen digital dengan tujuan mendorong pembayaran elektronik yang lebih besar.

Survei yang dilaksanakan pada 2018 dan dilakukan di delapan negara yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja yang melibatkan 4000 responden. Demografi responden di Indonesia adalah pria dan wanita berusia 18 tahun ke atas dengan penghasilan pribadi bulanan dari Rp3 juta ke atas.

Studi Consumer Payment Attitude dari Intuit Research atas permintaan Visa menyimpulkan bahwa konsumen Indonesia mengaku semakin nyaman dengan menggunakan pambayaran digital untuk kebutuhan sehari-hari mereka.   

Studi tersebut menunjukkan semakin besarnya ketertarikan masyarakat dalam berbelanja online menggunakan ponsel, di mana hampir semua responden atau 93% responden menyadari dan merasa nyaman membayar menggunakan ponsel, dan lebih dari setengahnya sudah rutin bertransaksi menggunakan ponsel melalui aplikasi.

Atas dasar studi tersebut, pada Senin (23/12), Visa, perusahaan pembayaran digital terkemuka di dunia, bersama dengan Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, mengumumkan bahwa program promosi khusus yang berlangsung selama sebulan dalam rangka Shopee 12.12 Birthday Sale.

 Shopee 12.12 Birthday Sale telah membukukan pertumbuhan transaksi yang menggunakan kartu Visa di platform Shopee sebesar 50% jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Visa bermitra dengan Shopee untuk program 12.12 Birthday Sale dengan menawarkan diskon hingga Rp200 ribu kepada para pemegang kartu Visa untuk transaksi di platform Shopee mulai t18 November 2019 hingga 12 Desember 2019. Promosi tersebut mendapatkan respons yang positif dari konsumen di seluruh Indonesia.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, mengatakan, “Kami dengan senang hati bekerja sama dengan Shopee untuk menawarkan pengalaman pembayaran digital tanpa hambatan dalam program Shopee 12.12 Birthday Sale.”

“Kami melihat konsumen, terutama para milenial dan generasi paham teknologi, semakin tertarik berbelanja online menggunakan ponsel untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, seperti yang terbukti dari keberhasilan program ini. Kami bangga dapat merayakan tren ini bersamaan dengan ulang tahun Shopee yang keempat,” kata Riko.

Dalam periode satu bulan promosi ini, kategori utama yang paling banyak dibeli konsumen di platform Shopee menggunakan kartu Visa adalah produk digital, kecantikan, perlengkapan rumah, pakaian wanita, serta ibu & bayi.

Christin Djuarto, Direktur Shopee Indonesia, mengatakan,“Kesuksesan kampanye 12.12 Birthday Sale menunjukkan bahwa masyarakat dari berbagai lapisan mempercayai Shopee dalam memberikan pengalaman belanja online terbaik.”

“Shopee berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan platform kami untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pengguna. Kerja sama Shopee dengan Visa akan memberikan lebih banyak pilihan metode pembayaran bagi pengguna, serta akan menghadirkan pengalaman belanja yang mudah dan memberikan keuntungan lebih banyak lagi bagi pengguna Shopee,” paparnya.

“Melalui kolaborasi seperti dengan Shopee ini, kami berharap agar semakin banyak konsumen dapat merasakan pengalaman berbelanja e-commerce yang aman dan tanpa hambatan,” jelas Riko.

“Kerja sama Shopee dan Bank Mandiri yang baru-baru ini diumumkan untuk nantinya meluncurkan Mandiri-Shopee Everyday Visa Card juga kami percaya akan membantu mendorong penggunaan dan pertumbuhan e-commerce di Indonesia,” tambah Riko. (OL-09)

 

 

BERITA TERKAIT