23 December 2019, 20:55 WIB

Pimpinan KPK Cari Jubir, Febri: Semoga Dapat yang Lebih Baik


M. Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum

KEPALA Biro Humas sekaligus Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mendoakan untuk juru bicara selanjutnya lebih baik dari Jubir sebelumnya.

"Dan jika sekarang, Pimpinan KPK ingin mengisi posisi Juru Bicara KPK dan misalnya melakukan seleksi untuk mencari orang yang tepat, semoga KPK mendapatkan yang jauh lebih baik dari Juru Bicara yang pernah ada di KPK," Kata Febri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (23/12).

Febri sendiri mengaku baru mendengar informasi terkait pimpinan KPK yang mencari juru bicara baru "sebenarnya baru tahu dari dari media. Karena sejak Rabu kemarin disuruh dokter istirahat di rumah," ucapnya.

Dirinya meyakini perekrutan juru bicara baru di era kepemimpinan KPK jilid V ini merupakan bukan pertimbangan pribadi melainkan kebutuhan organisasi.

"Yang penting bagaimana nanti seorang Juru Bicara dapat menjadi jembatan informasi sekaligus sarana akuntabilitas publik KPK pada masyarakat melalui teman-teman jurnalis," Ungkapnya.

Juru bicara selanjutnya diharapkan memiliki keterbukaan informasi karena hal tersebut bagian dari cara KPK untuk membuka diri agar diawasi, dijaga hingga dicintai.

"Saya menjalankan fungsi Juru Bicara KPK sekaligus sebagai Kepala Biro Humas sejak Desember 2016. Menjadi Jubir adalah tugas melekat di Kepala Biro Humas," Ujar pria kelahiran Padang, Sumatera Barat tersebut.

Baca juga: KPK: Febri Diansyah Kabiro Humas, Kami Akan Rekrut Jubir

Dirinya juga bercerita bahwa pada 2018 lalu isu Kepala Biro Humas dengan Juru Bicara KPK harus dipegang oleh orang yang berbeda. Namun hingga Pimpinan Jilid IV selesai menjalankan tugasnya, Pimpinan saat itu masih meminta Febri menjalankan kedua fungsi itu di waktu yang sama.

"Jadi tugas itu sudah saya jalankan sebaik-baik yang saya bisa selama lebih 3 tahun. Saya ingat juga, dulu pernah usulkan ke pimpinan agar masa tugas atau masa jabatan Jubir dibatasi agar ada regenerasi dan wajah KPK tidak bergantung pada personal tertentu," Tutupnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Gufron membeberkan bahwa lembaga antirasuah itu akan melakukan pengisian terhadap 6 jabatan definitif yang masih belum terisi termasuk posisi Juru Bicara. (OL-4)

BERITA TERKAIT