23 December 2019, 19:41 WIB

FBR Siap Amankan Perayaan Natal di Gereja


Tri Subarkah | Megapolitan

Antara
 Antara
Petugas menyelesaikan dekorasi Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Senin (23/12/2019).

FORUM Betawi Rempug (FBR) akan menerapkan konsep jaga gampung saat perayaan Natal. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum FBR Lutfi Hakim. Menurut Lutfi, setiap anggota FBR akan menjaga gereja yang berada di lingkungannya tinggal.

"Artinya masyarakat sekitar yang ada anggota FBR jaga gereja di lingkungan setempat. Ini kan konsep jaga kampung kita," kata Lutfi kepada Media Indonesia, Senin (23/12).

Lebih jauh, Lutfi menerangkan bahwa setiap tahun pihaknya selalu diminta oleh aparat kepolisian untuk membantu pengamanan Natal. Artinya, pihak FBR tidak serta merta menjaga gereja tanpa diminta polisi.

"Kan kita juga nggak mungkin bantu sembarangn, takutnya orang punya persepsi lain. Biar bagaimanapun perbuatan baik belum tentu dipersepsikan baik," ujar Lutfi.

 

Baca juga: Pemprov DKI Kerahkan 3.150 Personel Kebersihan Selama Natal

 

Namun, ia memastikan bahwa FBR selalu siap setiap pihak kepolisian meminta bantuan untuk mengamankan gereja.

Sementara itu, Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan sudah menginstruksikan Banser di seluruh Indonesia untuk siaga dan ikut membantu aparat keamanan untuk mengamankan perayaan Natal.

"Setengah dari sekitar 7 juta anggota Banser kita siapkan di seluruh Indonesia. Ketika ada permintaan dari aparat keamanan untuk membantu, Banser siap," tegas Gus Yaqut melalui pesan singkat. (OL-8)

BERITA TERKAIT