23 December 2019, 19:22 WIB

Zulkifli Janji Perbaiki Citra dan Reputasi PLN


Faustinus Nua | Ekonomi

MI/RAMDANI
 MI/RAMDANI
Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini

DIREKTUR Utama PT PLN (Persero) yang baru dilantik hari ini (23/12) Zulkifli Zaini berharap dengan adanya komposisi manajemen yang baru bisa memperbaiki persepsi dan reputasi perusahaan menjadi lebih baik. Untuk itu, dia mengungkapkan beberapa strategi yang akan dilakukan pihaknya ke depan.

"Guna memastikan PLN menjadi perusahaan listrik nasional yang mampu melaksanakan mandatnya secara berkelanjutan dan dengan sebaik baiknya. Pertama kita harus mampu mengatasi pemadaman listrik atau security off supply," kata dia usai dilantik menjadi Dirut PLN di komplek Kementerian BUMN, Jakarta (23/12).

Menurutnya, mengatasi pemadaman listrik merupakan salah satu bentuk pelayanan optimal perusahaan. Di dalamnya termasuk mengatasi black out seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu.

Selain itu, dia menyoroti masalah tarif listrik yang dinilai belum terjangkau oleh semua elemen masyarakat. Untuk itu pihaknya akan memperbaiki tarif tersebut agar terjangkau dan berkeadilan. Di samping itu, dia menjanjikan untuk memperbaiki keuangan perseroan.

"Tidak ada perusahaan yang mampu untuk melaksanakan mandatnya kecuali keuangannya baik. Kami direksi atau komisaris akan mengupayakan agar keuangan PLN adalah keuangan yang sehat, neraca sehat, cash flow sehat," ungkapnya.

Poin penting lainnya, adalah terkait operasional perusahaan strum tersebut. Menurutnya operasional harusla efisien dimana didukung oleh organisasi yang efisien, organisasi yang solid serta sumber daya yang kompeten. Untuk itu dia meminta semua jajarannya untuk saling bekerja sama atau sinergi dan memiliki orientasi untuk melayani.

Sementara itu, terkait inovasi yang akan dikembangkan lanjutnya PLN harus bisa mengadopsi teknologi untuk mendukung pelayanannya. Perusahaan juga harus memanfaatkan energi baru terbarukan agar sejalan dengan arahan pemerintah.

"Sudah barang tentu kita harus memberikan pelayanan dan bisa berkomunikasi dengan seluruh stakeholder dengan baik. Kita mengharapkan persepsi dan reputasi PLN ke depan akan lebih baik," kata dia.

Zulkifli juga membeberkan arahan Menteri BUMN kepada jajaran direksi dan komisaris baru. Diungkapkannya bahwa PLN harus menjadi perusahaan yang mampu menopang ekonomi, menyediakan listrik ke seluruh pedesaan, serta membangun tata kelola yang baik. Selain itu perusahaan pun diminta untuk transparansi atau terbuka pada publik. Di samping itu juga harus cepat bertindak atau proaktif dengan struktur yang baik serta pengendalian risiko yang terukur.

"Kami direksi akan bekerja sebaik-baiknya untuk menjawab harapan masyarakat dan arahan dari Menteri BUMN tersebut," pungkasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT