23 December 2019, 14:55 WIB

Kopi Janji Jiwa Raih Rekor Muri dalam Pertumbuhan Kedai Tercepat


mediaindonesia.com | Ekonomi

Istimewa
 Istimewa
Penghargaan dari Muri diberikan Andre Purwandono, S.S selaku Senior Manajer Muri kepada CEO & Founder Kopi Janji Jiwa, Billy Kurniawan. 

KOPI merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Sejak dulu hingga sekarang, minuman yang satu ini memang tetap menjadi primadona. Para penikmat pun kopi di Indonesia semakin hari semakin meningkat.

Hal ini ditandai dengan semakin menjamurnya bisnis kedai kopi atau coffee shop di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Saat ini bisnis kedai kopi menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan berkembangnya tren minum kopi di kedai kopi yang menjdi tempat kalangan muda di Tanah Air.

Pernyataan tersebut didukung oleh data yang bersumber dari International Coffee Organization (ICO) yang menunjukkan adanya tren kenaikan konsumsi kopi di Indonesia. Pada 2015, ICO merilis data pertumbuhan jumlah peminum kopi di Indonesia, yaitu sebesar 8%, lebih besar dari pada pertumbuhan dunia yang hanya mencapai 6%.

Indonesia juga memiliki beragam jenis dan merek kopi. Salah satunya, Janji Jiwa, brand kopi lokal Indonesia yang sedang berkembang pesat. Bahkan kopi Janji Jiwa  meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai pemceha rekor ‘Pertumbuhan Kedai Kopi Tercepat  Dalam Satu Tahun’.

Penghargaan dari Muri diberikan Andre Purwandono, S.S selaku Senior Manajer Muri kepada CEO & Founder Kopi Janji Jiwa, Billy Kurniawan di Hotel Pullman, Central Park Jakarta, Senin (23/12).

Penghargaan ini diberikan kepada Janji Jiwa yang telah berhasil memecahkan rekor Muri sebagai kopi lokal dengan 'Pertumbuhan Kedai Kopi Tercepat Dalam Satu Tahun'.

Prestasi tersebut diraih karena Janji Jiwa telah berhasil membuka dan memperluas kedai kopinya hingga 700 outlet dalam setahun yang sudah tersebar di 50 kota besar di Indonesia.

 Termasuk juga outlet Janji Jiwa X yang ada di Jakarta, Tangerang dan Bali dimana outlet ini dihadirkan agar para konsumen bisa berkumpul dan berlama–lama menikmati segelas kopi Janji Jiwa dan Jiwa Toast.

Billy Kurniawan mengatakan,Sudah menjadi komitmen kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi para pecinta kopi di seluruh Indonesia melalui segelas kopi lokal terbaik kebanggaan kami.”

“Janji Jiwa. Kami ingin kopi Janji Jiwa ada di setiap sudut kota di Indonesia sehingga masyarakat Indonesia bisa mendapatkan dengan mudah dan bisa menikmati cita rasa klasik #kopidarihati Janji Jiwa," jelas Billy.

Billy mengatakan dirinya lama ingin membuat brand kopi sendiri yang enak dan dengan cita rasa klasiknya untuk para pecinta kopi di Indonesia. Tercetuslah nama Janji Jiwa menjadi sebuah brand di mana nama ini juga merupakan sebuah janji sang owner untuk membuat sebuah brand kopi lokal terbaik di Indonesia.

Dengan tagline #kopidarihati, sang owner yang juga sangat passionate dalam dunia kopi, setiap satu gelas kopi yang dibuat berasal dari hati ini tidak semata untuk menjual sebuah produk tetapi sang owner juga menumpahkan passion, skill dan semuanya yang dimiliki ke dalam satu gelas kopi. Karena Billy percaya bahwa sesuatu yang dimulai dari hati akan kembali ke hati

Sejak berdiri di 2018, perusahaan yang berubah nama menjadi Jiwa Group di penghujung 2019 ini sudah banyak melakukan inovasi, salah satunya dengan menghadirkan Jiwa Toast yang memberikan inspirasi gaya baru dalam menikmati toast bread dengan berbagai varian rasa.

Seperti Kopi Janji Jiwa, Jiwa Toast juga dipersiapkan dengan berbagai bahan dasar berkualitas terbaik secara fresh oleh juru masak yang sudah berpengalaman. Dengan hadirnya Jiwa Toast, cita rasa dari Kopi Janji Jiwa akan semakin lengkap.

Berbagai strategi telah dilakukan oleh Jiwa Group untuk memenangkan pangsa pasar kopi lokal di Indonesia dan merebut hati konsumen seperti berbagai kampanye digital melalui instagram, melibatkan key opinion leader (KOL) dan influencer untuk kampanye hingga berkolaboarasi dengan berbagai brand besar.

Billy menambahkan, “Suksesnya pencapaian kami di 2019 tentunya tidak akan terjadi tanpa kerja sama dengan para mitra kami. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada para mitra kami di seluruh Indonesia yang turut memberikan yang terbaik bagi pencinta kopi di seluruh Indonesia melalui segelas kopi Janji Jiwa.”

Billy juga berharap di tahun 2020, “Semoga Kopi Janji Jiwa bisa lebih memperkenalkan lagi biji kopi lokal Indonesia ke dunia yang bersumber langsung dari petani serta dapat melayani segala pangsa pasar.” (OL-09)

BERITA TERKAIT