23 December 2019, 15:43 WIB

PAN Majukan Kongres untuk Cegah Perpecahan


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

MI/RAMDANI
 MI/RAMDANI
Sekjen PAN Eddy Soeparno

SEKRETARIS Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan pelaksanaan penentuan Ketua Umum partainya melalui kongres akan digelar lebih cepat. Alasannya untuk mencegah potensi perpecahan yang direncanakan pihak tertentu.

"Ketum (Zulkifli Hasan) dan Sekjen akan menyelenggarakan kongres dalam waktu dekat. Ada kemungkinan kita akan ajukan jadwal Kongres dari akhir Maret menjadi awal Maret (2020) atau bahkan lebih cepat daripada itu," katanya kepada Media Indonesia, Senin (23/12).

Menurut dia, alasan mempercepat pelaksanaan kongres untuk menjaga soliditas dan mengantisipasi pihak tertentu membuat kegaduhan. PAN tidak boleh rusak akibat agenda pribadi serta pemaksaan kehendak segelintir orang.

"Mempercepat kongres untuk mencegah potensi mudharat yang lebih besar dari oknum-oknum yang punya agenda pribadi di partai," jelasnya.

Meskipun demikian, ia mengaku hingga saat ini PAN belum terpecah menjadi dua kubu pendukung Zulkifli Hasan dan dan Amien Rais. "Tidak ada (perpecahan) Ketum Zulkifli Hasan dan Sekjen saya adalah pimpinan partai yang sah," pungkasnya.

Percepatan pelaksanaan kongres disinyalir buntut dari kisruh di Rakernas PAN pada Sabtu (7/12) yang dipicu rebutan microphone. Kemudian beberapa minggu sebelumnya Ketua MPP PAN Amien Rais melontarkan pesan untuk Zulkifli Hasan supaya tidak maju sebagai calon Ketua Umum PAN. (OL-4)

BERITA TERKAIT