23 December 2019, 13:34 WIB

Polres Dharmasraya Amankan Puluhan Jerigen Solar Ilegal


Yose Hendra | Nusantara

SATUAN Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Dharmasraya, Sumatra Barat kembali mangamankan puluhan jerigen berisikan Bahan bakar minyak (BBM) solar, yang akan di kirim ke luar Kabupaten Dharmasraya Sumatra Barat, kemarin.

Kasat Reskrim Polres Dharmasraya, AKP Suyanto, mengatakan, solar tersebut akan dibawa ke Kabupaten Tebo, Jambi. Puluhan jerigen itu dibawa menggunakan satu unit kendaraan Suzuki Cary, warna hitam dengan Nopol BA 9286 VA yang diduga nomor tersebut palsu. Suyanto menjelaskan, sopir beserta kendaraan tersebut diamankan pihaknya di jalan lintas Sumatera Sungai Kambut, Kecamatan Pulau Punjung.

"Pengemudi berinisial RN, 49, warga Pulau Tamiang Kabupaten Tebo dan barang bukti puluhan jerigen berisikan Bahan bakar minyak (BBM) jenis solar kami amankan," kata Suyanto, Senin (23/12/2019).

Suyanto mengungkapkan berdasarkan keterangan pengemudi, solar tersebut di ambilnya di salah satu SPBU di Kecamatan Pulau Punjung.

"Dalam penangkapan tersebut, barang bukti yang kita amankan di antaranya 73 galon yang berukuran 35 yang berisikan 31 liter berisikan BBM jenis solar. Saat ini barang bukti sudah kita amankan di Mapolres Dharmasraya," terangnya.

Sehubungan dengan dugaan perkara tindak pidana penyalahgunaan angkutan niaga BBM bersubsidi jenis solar, sebagaimana dimaksud dalam rumusan pasal 55 UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Migas.

baca juga: Dugaan Nepotisme, Perekrutan Panswacam Blora Diprotes

"Ancaman hukumannya lebih kurang 5 tahun penjara," tegasnya.

Sebelumnya, beberapa hari lalu, Polres Dharmasraya juga mengamankan peredaran solar ilegal yang juga akan dikirim ke Jambi. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT