23 December 2019, 11:12 WIB

Puting Beliung Terjang Brebes Puluhan Rumah Rusak


Supardji Rasban | Nusantara

Mi/Supardji Rasban
 Mi/Supardji Rasban
Warga bersama TNI dan Polri bergotong royong memperbaiki rumah warga yang rusak ringan akibat angin kencang. 

ANGIN puting beliung menerjang wilayah Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu (22/12/2019) petang. Akibatnya puluhan rumah warga di empat desa di kecaamatan tersebut mengalami rusak berat daan ringan.  Keempat desa yang dilanda angin ribut itu yakni Desa Pende, Desa Cikakak, Desa Cihaur dan Desa Cibuniwangi. Desa terparah yang diterjang angin puting beliung yakni Desa Cibuniwangi. Sedikitnya ada 12 rumah warga rusak berat dan ringan.

Sebagian rumah warga yang rusak ringan di Desa Cibuniwangi sudah diperbaiki warga secara gotong royong, dibantu anggota TNI dan Polri. Angin kencang yang merusak rumah penduduk disertai hujan deras dan petir.

"Kami langsung keluar ketika tiba-tiba datang angin sangat kencang disertai petir yang menyambar-nyambar," ujar Kosayanto warga Desa Cikakak, Kecamatan Banjarharjo yang dihubungi Senin (23/12).
     
Kosyanto menuturkan awalnya dia dan istrinya, Mintarti mengira kalau yang keluar rumah hanya mereka.

"Setelah kami berlarian keluar rumah ternyata banyak warga lainnya yang juga keluar rumah," tuturnya.

Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Camat Banjarharjo, Warsito Eko Saputra yang dikonfirmasi usai apel di Kantor Bupati Bebes, membenarkan terjadinya angin puling di wilayah Kecamatan Banjarharjo tersebut.

baca juga: Truk Bermuatan Pasir Terguling Macetkan Jalan Lingkar Gentong
     
"Tapi saat ini rumah warga terutama yang rusak ringan sudah dibetulkan warga secara bergotong royong. Dibantu aparat keamnanan baik dari
Koramil Banjarharjo maupun Polsek Banjarharjo," kata Eko seraya menambahkan rumah warga yang rusak berat dan ringan tercatat 22 unit.  (OL-3)

 

BERITA TERKAIT