22 December 2019, 23:49 WIB

Sempat Meluap, Air Terjun Lembah Anai Sudah Normal


Antara | Nusantara

Antara
 Antara
Sejumlah kendaraan melintas bergantian di depan Air Terjun Lembah Anai yang meluap, di Kab.Tanah Datar, Sumatera Barat, Minggu (22/12)

CURAH hujan yang tinggi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, pada Minggu (22/12) membuat debit Air Terjun Lembah Anai meningkat hingga meluap ke ruas Jalan Padang-Padang Panjang.

Pantauan di lapangan pada pukul 16.33, antrean kendaraan tampak terjadi di kawasan Silaiang. Lembah Anai yang merupakan destinasi wisata terkenal ranah Minangkabau, posisinya persis berada di pinggir jalan yang menghubungkan Padang-Bukittinggi.   

Limpahan air terjun dari ketinggian 30 meter lebih itu cukup besar dan deras, sehingga menjangkau sampai ke badan jalan. Ia mengkhawatirkan kendaraan yang melintas di jalan tersebut   "Saya sudah terjebak macet sejak pukul 16.00 WIB
tadi," kata salah seorang warga Apridoni, 30.    

Hal itu dikarenakan kendaraan kesulitan melintas baik kendaraan yang datang dari arah Padang menuju Bukittinggi, ataupun sebaliknya. Air terjun Lembah Anai terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. Luapan air membuat ruas jalan itu tidak bisa dilewati kendaraan selama hampir dua jam, 16.00 hingga 18.00.

Kepala Satuan lalu lintas Polres Padang Panjang Iptu Saherman menyatakan jalan di wilayah Silaing, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat sudah dapat dilalui kendaraan.

Menurut Saherman, antrean kendaraan dari arah Bukittinggi menuju Padang diperkirakan sekitar dua kilometer.  Kemudian arah sebaliknya
sekitar 1,5 kilometer karena kondisi meluapnya air tersebut. Apalagi saat ini sudah memasuki masa liburan akhir tahun. Wilayah Silaing, ujarnya, termasuk daerah rawan longsor sehingga pengendara diminta untuk berhati-hati melewati wilayah tersebut. "Apalagi saat ini sudah memasuki masa liburan akhir tahun dan juga saat musim hujan," tandasnya. (OL-8)

 

 

BERITA TERKAIT