22 December 2019, 21:00 WIB

Banyak Titik Wilayah Depok Tergenang Banjir


Kisar Rajaguguk | Megapolitan

HUJAN deras mengguyur Kota Depok Minggu (21/12) siang hingga sore. Akibatnya, 40 Titik wilayah disana tergenang banjir lantaran guyuran air yang cukup deras.

Ke-40 titik wilayah yang terendam antara lain, jalan Jambore yang lokasi letaknya persis samping Pusat Pertokoan Transmart, jalan Apartemen Cibubur, Jalan Trans Yoga, Kelurahan Harjamukti, Cimanggis.

Kemudian jalan Kompleks Taman Duta, Kelurahan Cisalak, Sukmajaya, jalan Margonda dan Jalan Kompleks Grand Depok City. Tinggi air antara 30 cm-40 cm.

Dua pekan lalu seorang pengandara motor meninggal dunia di Jalan Grand Depok City ini akibat motor yang ditumpanginya masuk lubang yang menganga karena tertutup genangan banjir.

Tak hanya itu, basement Pasar Cisalak juga tergenang banjir dengan ketinggian air selutut orang dewasa.

Petugas Kebersihan Pasar Cisalak, Kohar mengatakan guyuran hujan disana akibat sumbatan sampah dari gorong-gorong kios milik pedagang kaki lima (PKL) yang berada di bagian timur Pasar Cisalak.

" Terjadinya banjir karena banyak sampah sehingga air hujan tak mengalir bebas ke saluran yang ada, " kata Kohar yang dikonfirmasi Minggu (21/12) malam pukul 19.00.

Dijelaskan, banjirnya pasar menyebabkan puluhan kios dan los yang ada di bagian basement tergenang setinggi lutut orang dewasa. " Ada puluhan kios dan los terendam disana, " tuturnya.

Ia juga mengatakan kualitas sistem drainase di Pasar Cisalak sangat buruk mengakibatkan seringnya terjadi genangan air usai hujan deras mengguyur.

Koordinator Keamanan Pasar Cisalak Dulani mengklaim beberapa titik gorong-gorong di pintu masuk Pasar Cisalak memprihatinkan. Maka tak heran hujan sebentar air hujan naik kepermukaan akibat tertutup sampah.

" Hal itulah membuat saluran yang ada tak mampu menampung curah hujan hingga meluber ke lantai basement, " ujarnya.

Kepala bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK)  Kota Depok Iyai Gumilar mengatakan,  sampah-sampah yang menutup drainase Pasar Cisalak bukan hal yang baru.

Menurut orang yang setiap harinya mengurusi sampah di Kota Depok ini, justru warga yang sering membuang sampah ke drainase tersebut.

Kalau sampah, itu biasanya bukan kiriman. Itu sampah  dari warga Kota Depok. Sedangkan dari Bogor bukan sampah warga, tapi seperti bambu dan kayu.

" Sampah-sampah yang ada di drainase Pasar Cisalak dan Jalan Taman Duta, di dominasi oleh sampah plastik, seperti plastik bungkus makanan dan minuman.  

" Bila banjir seperti keadaan saat ini, bisa ada puluhan truk yang mengangkut sampah ke Tempat Pembyangan Sampah Akhir (TPA) Cipayung, " ujar Iyai. (OL-8)

BERITA TERKAIT