22 December 2019, 15:08 WIB

Pondasi Lemah Diduga Pemicu Jembatan Hutan Kota Kemayoran Ambruk


Tri Subarkah | Megapolitan

MI/Tri Subarkah
 MI/Tri Subarkah
Jembatan Hutan Kota Kemayoran

PENYEBAB ambruknya jembatan di Hutan Kota, Kemayoran, Pademangan, Jakarta Utara, diduga karena lemahnya pondasi yang menyangga sling jembatan.

"Kata kulinya sling pondasi yang ke tanah nggak kuat. Cakar bebeknya nggak kuat, jadi slingnya narik pondasinya sampai keangkat," ungkap Anggi, salah satu penggunjung yang berada di lokasi saat kejadian, Minggu (22/12).

Pantauan Media Indonesia, jembatan lengkung berwarna kuning-biru itu memang sedang dalam tahap penyelesaian. Media Indonesia yang coba mendekat lokasi kejadian dilarang oleh pihak sekuriti.

Menurut cerita Anggi sebelum kejadian ada dua pekerja yang sedang mengecat jembatan tersebut.

"Tadi kita juga nanya memang nggak ada korban, ya karena pekerja ada di kanan kirinya nyemplung, selamat. Pas ambruk, lagi ngecat pager," papar Anggi.

Dodi, pengunjung yang lain menganggap ambruknya jembatan tersebut sebagai pembelajaran yang bagus. "Sebelum dibuka untuk umum ada pembelajaran di sini. Kalau udah dibuka semoga lebih bagus lagi," katanya.

Dalam rilis yang Media Indonesia terima, jembatan gantung berbentuk lengkung tersebut berfungsi sebagai viewing deck yang melayang di atas air.

Untuk diketahui, Hutan Kota Kemayoran tahap I baru resmi dibuka kemarin, Sabtu (21/12). Hutan yang berada di Jalan Benyamin Suem Kemayoran itu berdiri di lahan seluas 22,3 hektare. (A-1)

BERITA TERKAIT