22 December 2019, 14:30 WIB

LN Babel Siapkan Genset di 44 Gereja


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Amtara
 Amtara
PT PLN melakukan apel siaga mengecek kesiapan pasokan listrik menjelang Natal dan Tahun Baru 2020

UNTUK memberikan kelancaran umat Kristiani beribadah, PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan menyiapkan genset di 44 gereja. General Manager PLN UIW Babel, Abdul Mukhlis mengatakan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini, ada 839 personel di siaga mulai dari sisi pembangkit hingga distribusi.

"Untuk kelancaran ibadah Natal dan perayaan tahun baru kami siaga mulai sejak 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020 mendatang," kata bdul
Mukhlis, Minggu (22/12/2019).

Ia menyebutkan di Babel ada 44 titik tempat ibadah atau gereja. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di ingikan, PLN tetap berjaga dan menyediakan genset.

"Sebanyak 44 titik tempat ibadah di Bangka Belitung mendapat prioritas suplai pasokan listrik dengan dibackup standby genset dan personel," ujarnya.

Titik-titik tersebut lanjutnya tersebar antara lain enam Gereja di Kabupaten Belitung, 14 di Belitung Timur, enam di Pangkalpinang, delapan di Sungailiat, empat di Muntok, 10 di Koba dan sembilan di Toboali.

Ia menambahkan lebih dari itu, pihaknya juga menyiapkan 41 posko siaga dengan 51 mobil gangguan yang disiagakan di titik-titik vital, khususnya lokasi perayaan.

"Lebih dari itu, pusat keramaian dan instalasi vital juga menjadi prioritas layanan selama masa siaga. Seperti perkantoran, rumah sakit, alun-alun, tempat wisata, dan pusat perbelanjaan," tambahnya.

baca juga: Tol Laut Dongkrak Pertumbuhan Ekspor di Sulsel

Untuk meminimalisir padam, pada sisi pembangkit telah dilakukan upaya preventif berupa pemeliharaan agar mesin beroperasi lebih optimal. Sedangkan pada sisi transmisi, gardu induk dan distribusi PLN telah melakukan perambasan pohon dan pemeliharaan jaringan guna meminimalisir adanya gangguan.

"Selain itu, kami juga sudah menyiapkan standard operating procedure (SOP) apabila terjadi ganggan yang bersifat mendadak, sehingga recovery dapat dikakukan lebih cepat," ungkapnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT