22 December 2019, 11:16 WIB

Puncak HUT ke-124 BRI, Sekitar 65 Ribu Orang Padati JCC Senayan


Ihfa Firdausya | Ekonomi

MI/M Irfan
 MI/M Irfan
Komisaris Utama BRI Andrinof Chaniago (kiri) bersama Dirut BRI Suprajarto (kedua kiri) berfoto sebelum memulai start jalan sehat di Jakarta.

KURANG lebih 65 ribu orang memadati kawasan Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, untuk merayakan puncak rangkaian HUT ke-124 Bank Rakyat Indonesia (BRI), Minggu (22/12).

Acara bertajuk BRILian Family Festival (BRIFFEST) dihadiri para pekerja BRI dan keluarganya yang berdomisili di Jabodetabek.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengungkapkan bahwa BRIFFEST diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada seluruh keluarga besar BRI.

Berkat mereka, katanya, Bank BRI mampu mencatatkan milestone menjadi salah satu lembaga jasa keuangan terbesar di Indonesia hingga usia ke-124 Tahun.

"Hari ini adalah puncak perayaan ulang tahun BRI ke-124. Kita akan terus mengembangkan diri untuk Indonesia brilian. Kita mulai acara sejak 3 bulan lalu," ujar Sunarso di JCC Senayan, Minggu (22/12).

Sebelumnya, BRI telah menggelar berbagai acara perayaan HUT ini, baik untuk internal maupun masyarakat luas di antaranya Pekan Olahraga dan Seni atau sportartcular, donor darah gratis, pelatihan 10.000 UMKM di seluruh Indonesia, konservasi 19 kawasan sungai.

Selain itu, kegiatan lain adalah renovasi 200 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), program padat karya di 50 lokasi, BRILian Run Surabaya Series, dan UMKM Export BRILian Preneur yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada Jumat (20/12) lalu.

Kegiatan Export BRILian Preneur sendiri, kata Sunarso, adalah bentuk kontribusi BRI untuk membantu menyelesaikan beberapa persoalan perekonomian Indonesia di antaranya meningkatkan ekspor dan menekan current account deficit (CAD).

"Khusus untuk UMKM, kita mempertemukan UMKM dengan buyer-buyer dari luar negeri. Ada 154 UMKM yang siap ekspor bisa hadir di JCC. Dan semoga ada 10 sampai 80 buyer luar negeri dari berbagai negara. Ada Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, Australia, dan lain-lain," kata Sunarso.

Ia menilai sektor UMKM harus terus dikembangkan karena kontribusinya sebagai tumpuan dalam penyerapan tenaga kerja.

"Kita tahu 98% usaha kita bentuknya UMKM, kontribusi terhadap PDB 60%, kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja itu 97,22%. Sekarang ekspor kita dari UMKM itu 14%. Jika kita dua kali lipatkan itu, betapa besar kemampuan untuk menyerap tenaga kerja," imbuhnya.

Dalam acara ini, Bank BRI juga menggelar program amal bertajuk BRILIAN Charity. Di sini seluruh pekerja Bank BRI dapat menyumbangkan uang melalui aplikasi Link Aja.

Dana yang terkumpul akan disalurkan ke bidang pendidikan. Program BRILIAN Charity sendiri merupakan wujud komitmen Bank BRI untuk berpartisipasi dalam pembangunan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Acara puncak bertajuk BRIFFEST ini dimeriahkan sejumlah musisi Indonesia seperti Iwan Fals, Kahitna, Reza Arthamevia, Glen Fredly, D’Masiv, Siti Badriah, Kotak, Afgan, Nidji, Potret, Hivi, Betrand Peto, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk anak-anak disediakan berbagai wahana permainan hingga dongeng anak.

“Hiburan dan family day ini merupakan implementasi konsep work-life balance bagi seluruh pekerja Bank BRI sehingga diharapkan mampu meningkatkan motivasi, kreaativitas dan produktivitas,” pungkas Sunarso. (Ifa/OL-09)

BERITA TERKAIT