22 December 2019, 10:45 WIB

Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek Mulai Hari Ini


Tri Subarkah | Megapolitan

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Jasa Marga kembali menerapkan sistem contraflow di Tol Jakarta- Cikampek (Japek) arah Cikampek hari ini.

JASA Marga kembali menerapkan sistem contraflow di Tol Jakarta- Cikampek (Japek) arah Cikampek hari ini. Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, menyebut pemberlakuan sistem tersebut mulai berlaku sejak pukul 08.20 WIB.

"Jasa Marga atas diskresi Kepolisian mulai memberlakukan contraflow dari Km 47 s.d. Km 61 arah Cikampek," kata Dwimawan melalui keterang resmi yang diterima Media Indonesia, Minggu (22/12/2019).

Sistem contraflow di Tol Japek, lanjut Dwimawan, diharapkan mampu mencairkan volume kepadatan kendaraan di beberapa titik. Setidaknya ada dua pertemuan yang sering mengalami kepadatan lalu lintas.

"Di titik pertemuan Jalan Tol Japek Elevated dan Jalan Tol Japek di Km 48 dan titik menjelang rest area di Km 50," papar Dwimawan.

Sementara itu, pihak Jasa Marga juga menambah fasilitas kendaraan Mobile Customer Service (Layanan Jalan Tol) di Tol Layang Japek. Kendaraan tersebut dilengkapi dengan BBM dan air radiator yang ditujukan guna mengantisipasi kendaraan lain saat kehabisan bahan bakar.

"Selain itu, Jasa Marga juga menambah jumlah derek khusus untuk untuk jalan tol layang ini, yang semula 4 unit menjadi 6 unit," tambah Dwimawan.

baca juga: Polisi Ringkus Jaringan Narkoba Jakarta-Jawa Barat

Pemberlakuan sistem contraflow di Tol Japek sudah dilakukan sejak kemarin. Mulanya, Jasa Marga hanya menerapkan dari KM 47-KM 53. Namun sistem tersebut belakangan diperpanjang hingga KM 61. Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono memprediksi puncak arus mudik libur Natal dan Tahun Baru 2020, jatuh pada kemarin dan hari ini.

"Saya sampaikan mudik Natal dan Tahun Baru ini puncaknya adalah 21 sampai 22 Desember," ujar Istiono di Mapolda Metro Jaya, Kamis (19/12). (OL-3)

 

BERITA TERKAIT