22 December 2019, 09:19 WIB

Gerhana Matahari Cincin Bertepatan 15 Tahun Gempa Tsunami Aceh


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Ilustrasi 


MASYARAKAT Aceh pada 26 Desember 2019, akan mengalami dua hal penting terkait fenomena alam.

Pertama adalah penduduk di negeri Serambi Mekkah itu akan memperingati 15 tahun bencana alam gempa bumi 9,3 SR yang disusul bencana alam tsunami. Kedua, di hari yang sama sekitar pukul 10.08 hingga 13.00 Wib penduduk di provinsi paling barat Indonesia itu bisa melihat fenomena gerhana mata cincin yang melintasi kawasan Kepulauan Kabupaten Simeulue dan Kabupaten Aceh Singkil.

Kanwil Kementrian Agama Provinsi Aceh sedang menyambut fenomena tersebut dengan menyediakan 10 unit teleskop dan kacamata gerhana berfilter ND5.

Semua peralatan tersebut diangkut ke wilayah kepulauan Kabupaten Simeulue. Di sana akan difokuskan pada halaman Masjid Besar Baiturrahman Simeulue di Kota Sinabang, Ibukota Kabupaten Simeulue. Semua peralatan itu dipasang langsung oleh petugas dari Kantor Kemenag Aceh. Pada Kamis 26 Desember 2019, semua teleskop dan kamata filter ND5 sudah siap digunakan.

Bagi yang ingin melihat atau menikmati keindahan gerhana matahari cincin dipersilahkan datang ke halaman Masjid Raya Baiturrahman Simeulue. Di lokasi akan perbolehkan melihat proses gerhana itu melalui teleskop dan kacamata gerhana ND5 yang disediakan.

Disela-sela menikmati indahnya gerhana mata hari cincin, pengunjung juga dihimbau untuk menunaikan salat sunah kusuf (salat gerhana) Masjid Baiturrahman Simeulue.

"Juga digelar salat gerhana matahari secara berjamaah yang dipimpin oleh imam dan khatib yang ditentukan oleh pemerintah Kabupaten Simeulue" kata Saifuddin, Kepala Bagian Tata Usaha, Kantor Kemenag Aceh, Minggu (21/12/2019).

baca juga: Jatim Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi

Kepala Kanwil Kemenag Aceh, M Daud Pakeh, mengatakan fenomena gerhana mata hari tidak berkaitan dengan kematian, musibah atau hal buruk lainnya. Gerhana adalah fenomena alam untuk menegaskan keagungan dan kebesaran Allah SWT. Daud Pakeh mengimbau umat muslim untuk melaksanakan salat sunah gerhana dan memperbanyak istighfar. Wilayah Simeulue dan Aceh Singil akan dilintasi gerhana matahari cincin, sedangkan wilayah lainnya di Aceh hanya dilalui gerhana matahari parsial. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT