22 December 2019, 04:35 WIB

Hangatnya Sup Buntut


MI | Weekend

MI/Adam Dwi
 MI/Adam Dwi
Sup Buntut

MENIKMATI santap siang Lobbyn Sky Terrace yang berlokasi di atap Liberta Hotel, Kemang, Jakarta Selatan, dengan konsep industrial terasa sangat nyaman. Berdasarkan rekomendasi Oky Bramasta Putra, F&B Manager Lobbyn Sky Terrace, Media Indonesia berkesempatan mencicipi sup buntut. Sop buntut panas yang didampingi nasi putih, acar, sambal hijau, dan emping itu sangat menggoda.

“Signature dish ini menjadi andalan restoran sebagaimana banyak diorder pengunjung,” kata Oky membuka obrolan pada Rabu (18/12). Bernama Tradisional Oxtail, hidangan yang dibanderol Rp135 ribu itu pilihan buntutnya bisa direbus dalam kuah sup, dibakar, dan goreng. Kali ini sous chef Oki Rahmat Hidayat lebih menghidangkannya sebagai sup yang disukai banyak orang.

“Pengunjung kebanyakan suka yang berkuah, mungkin karena kuah segar dan ditambah perasan jeruk nipis dan aroma rempah yang kuat jadi pilihan mereka,” kata chef Oki.

Dalam mangkuk, ada tiga potong buntut dengan berat sekitar 150 gram, potongan kentang, tomat, bawang daun, dan seledri. Aroma rempah tercium dari kuahnya. Chef Oki menggunakan rempah, seperti cengkih, jahe, biji pala, kayu manis, dan bawang yang ditumis sebelum dimasukkan ke kaldu sapi mendidih.

Daging buntut yang lembut itu ternyata tidak lepas dari tiga kali proses perebusan yang memakan waktu 1,5 jam. “Rebusan pertama dimaksudkan untuk membersihkan daging dari kotoran dan darah yang menempel. Kedua, untuk mendapatkan kaldu,” lanjut chef. Ia juga menjelaskan, proses ketiga untuk mendapatkan daging yang empuk.

Benar saja, kuahnya segar dengan cita rasa rempah. Rempahnya menyerap ke dalam daging yang lembut.
Menariknya, setiap tiga bulan sekali ada menu promo. Selama ­Oktober-Desember, ada pilihan menu berupa ayam geprek, soto bandung, rawon, dan chicken teriyaki yang dibanderol antara Rp50 ribu-Rp55 ribu, termasuk es teh.

Bila anda ingin mencari camilan sambil rapat dengan rekan, coba combo platter. Ada empat jenis makanan ringan dalam platter ini, yakni vegetable spring rolls yang renyah dan lembut pada isiannya, berberque chicken wings yang sedikit pedas dengan taburan biji wijen hitam, calamari renyah, dan french fries dengan siraman kornet dan keju meleleh.

Semua camilan itu bisa dicocol dengan 3 jenis saus yang ada di tengahnya, yakni saus pedas, saus tomat, dan mayones. “Untuk makanan sharing yang komplet, kita juga punya seafood platter, bedanya isinya seafood semua,” kata Oky. Di seafood pallter ini berisikan fillet snapper, prawn, calamari, dan french fries.

Selain pilihan makanan, tempat ini ada bar yang menyediakan minuman beralkohol, seperti bir, wine, liqeur, dan coktails. Salah satunya minuman spesial di sini ialah red lobbyn cocktail. Minuman berwarna merah menyala ini tampak segar dengan tambahan irisan jeruk di dalamnya sehingga menciptakan warna kontras yang menarik.

Minuman ini merupakan campuran vodka, brandy gin, rum, de kuyper, lemon juice hingga simple syrup menghasilkan minuman yang segar dan aroma yang kuat khas alhokol. “Minuman ini cocok untuk bersantai dan ngobrol bersama rekan,” tutup Oky. (Wan/M-3)

BERITA TERKAIT