22 December 2019, 04:10 WIB

Rayakan Aneka Dimsum Udang


MI | Weekend

BENTUKNYA mungil, tekstur kulitnya bergaris mirip kulit kerang. Warna kulitnya transparan sehingga isi udang di dalamnya terlihat menggoda. Saat diangkat menggunakan sumpit, hakau tersebut terasa ringan dan aroma udangnya lembut.

Berbeda ketika lidah saya mencicip siomai udang atau pangsit rebus kucai yang juga diisi udang. Aroma serta rasanya lebih kuat, juga disebabkan kucai ­tentunya.

“Untuk hakau, teknik melipat (kulit) yang susah. Kalau tidak bagus, akan jadi enggak keruan bentuknya dan kualitasnya ngawur. Selain itu, pengisian juga berpengaruh. Kalau kebanyakan bisa jadi bentuknya tidak sama. Kami menggunakan udang putih atau udang galah,” papar Head Chef Great Room Restaurant Holiday Inn Express Kemayoran Bernardo Palm, Kamis (19/12).

Udang menjadi komponen utama dalam varian dimsum yang disajikan di Great Room Restaurant Hotel Holiday Inn Express, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Tidak hanya terdapat olahan dimsum kukus, tapi juga dimsum goreng seperti kumis naga yang memiliki bentuk atraktif. Dimsum yang bentuknya besar dan berlapis ini sangat renyah.

Kerenyahan itu berasal dari kulit pangsit tipis yang membungkus udang, sedangkan isinya gurih dan kaya bumbu. “Dalamnya sama seperti adonan pangsit, hanya setelah itu kita kepal lalu kita lapisi dengan kulit pangsit yang diiris tipis,” sambung Bernardo.

Masih menggunakan pangsit, ada pangsit udang mas yang mirip ekado. Di pangsit ini, karakter udangnya lebih dominan.

Bila tidak me­ngonsumsi boga bahari, ada dimsum isi sayur kucai. Bila ingin dimsum dengan isi yang padat, ada lumpia kulit tahu isi ayam.

Jika tidak suka dimsum goreng, ada fankau isi kucai. Fankau hampir mirip pastel, hanya lebih kecil dengan kulit transparan.

Tidak lupa dimsum ceker ayam yang memerlukan proses memasak selama 3 jam dengan api kecil untuk melunakkan tulang dan kulit. Dimsum ini memiliki rasa yang kaya rempah yang kuat.

Untuk menutup santap cobalah dimsum manis, seperti mantau goreng, onde-onde isi kacang hitam, dan bakpao isi kacang hitam. Tekstur kacang hitam yang lembut beradu dengan onde-onde renyah atau bakpao yang lembut. Teh pahit rasanya bisa jadi penyeimbang setelah kita merayakan berbagai olahan dimsum udang dan ayam.

Anda yang berminat menikmati sajian dimsum Holiday Inn Express Kemayoran, menu tersedia pada 1 Januari hingga 29 Februari 2020 dalam sajian Dimsum Fest. Untuk satu klakat, dipatok harga Rp20 ribu++, kalau Anda memesan tiga, bonus satu porsi klakat. (Jek/M-3)

 

BERITA TERKAIT