21 December 2019, 21:30 WIB

9 Rumah Sakit di Depok ini Sediakan Serum Antibisa Ular


Kisar Rajaguguk | Megapolitan

SEMBILAN Rumah Sakit (RS) di Kota Depok menyiapkan serum antibisa ular.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan pihaknya sudah menyadiakan serum antibisa ular di sembilan RS yang berada di Kota Depok.

Berikut sembilan RS di Kota Depok yang menyiapkan serum antibisa ular ialah RSUD Kota Depok, RS Citra Arafik, RS Sentra Medika, RS Hasana Graha Afiah, RS Universitas Iundonesia (UI), RS Meilia, RS Bhakti Yudha, RS Mitra Keluarga, RS Ibu dan Anak (RSIA) Tugu Ibu.

Menurut dia, serum cairan berbasis air yang memiliki konsentrasi tinggi bahan aktif karena formulanya serum umumnya menembus kulit terasa ringan.

Kepala Dinas yang juga sebagai dokter gigi itu mengimbau jika ada korban, segera melakukan pertolongan pertama dan cepat melarikannya ke rumah sakit.

"Kalau tergigit lakukan pertolongan pertama mengikat bagian yang lebih tinggi dari tempat yang tergigit. Kemudian lukanya itu dibersihkan," kata Novarita saat dikonfirmasi, Sabtu (21/12).

Beberapa hari lalu, Rizky, 8, dirawat di RSUI karena digigit ular jenis kobra saat bermain di halaman rumahnya di kawasan Beji. Kemudian korban Rizky disembuhkan dengan serum.

Sebelumnya, seorang ibu rumah tangga dipatuk ular kobra saat berjualan sayur di Pasar Kemirimuka, Beji juga disembuhkan dengan cairan yang sama.

Teror ular kembali menghantui warga Gang Mesjid, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Sabtu (21/12). Seokor ular berjenis pudak seruni memiliki panjang 35 cm ditemukan di belakang rumah Encep. Encep mengatakan, di belakang rumahnya sering ditemukan ular karena kawasannya terdapat kebun yang rimbun.

Kepala Satpam SMPN 7 Kota Depok itu mengaku temuan ular di lingkungan tempat tinggalnya bukan hal yang baru. Kebun di belakang rumahnya adalah habitat ular. (X-15)

Baca juga: Puluhan Ular Kobra Dievakuasi di Perumahan Warga Bekasi

Baca juga: Sanca 4,5 Meter dan Kobra Ditemukan di Selokan di Jakarta Timur

Baca juga: Mau Bikin Tim Intelijen terkait Ular, Wali Kota Dinilai Lebay

BERITA TERKAIT