21 December 2019, 18:05 WIB

Polda Tangkap Lima Orang Terduga Penusuk Personel Brimob


Antara | Nusantara

MI/Marcel Kelen
 MI/Marcel Kelen
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw

KAPOLDA Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan lima orang yang diduga terlibat dalam berbagai insiden yang terjadi di Dekai sudah ditangkap dan ditahan di Mapolres Yahukimo.

"Memang benar saat ini sudah lima orang yang ditangkap dan ditahan serta diperiksa penyidik untuk mengungkap sejauh mana keterlibatan mereka," ujar Waterpauw di Jayapura, Sabtu (21/12).

Data awal, kata dia, kelimanya ditangkap karena diduga sebagai pemicu hingga terjadi insiden di Dekai yang menewaskan anggota Brimob asal Polda Riau.

Menurutnya, Polda Papua sudah mengirim tim untuk membantu pemulihan di wilayah itu, dipimpin Wadir Lantas AKB Ade Jahya yang juga mantan Kapolres Yahukimo.

Selain itu, juga mengirim penyidik yang membantu Reskrim Polres Yahukimo dalam menangani kasus yang terjadi di wilayahnya.

Secara keseluruhan situasi sudah relatif kondusif, dan tidak ada penambahan pasukan karena personel yang ada dirasakan sudah mencukupi, apalagi dibantu TNI, kata Waterpauw pula.

Waterpauw berharap masyarakat tidak mudah terprovokasi untuk melakukan aksi kekerasan. "Masyarakat diminta tidak mudah terprovokasi dan tidak melakukan tindakan anarkistis," kata Waterpauw. (X-15)

Baca juga: Jenazah 2 Prajurit TNI Diterbangkan ke Medan dan Jakarta Hari Ini

Baca juga: JK: Pendekatan Sosial Bisa Selesaikan Konflik di Papua

Baca juga: Kado Natal Presiden Jokowi untuk Masyarakat Papua

BERITA TERKAIT